Kualitas sangat penting karena tidak hanya bagus untuk pengguna, tetapi juga akan bagus untuk bisnis Anda."
Jakarta (ANTARA News) - Dalam gelaran Google for Mobile, Head of Business Development Google Play SEA, IN & AU/NZ, Kunal Soni berbagi kiat untuk mengembangkan aplikasi android dan sukses di toko aplikasi Google Play Store.

Pertama, Kunal mengatakan bahwa pengembang harus memulai mengembangkan aplikasinya konsep "good quality".

"Kualitas sangat penting karena tidak hanya bagus untuk pengguna, tetapi juga akan bagus untuk bisnis Anda," kata dia, di Jakarta, Kamis.

Untuk meningkatkan kualitas, Kunal menyarankan pengembang untuk menggunakan Alpha Beta Testing. Kunal juga meminta pengembang untuk memperhatikan desain aplikasi.

Tidak hanya itu, dia juga memberi saran agar pengembang menyiapkan aplikasi yang dapat digunakan oleh jutaan pengguna, dengan cara mengurangi ukuran APK, memperhatikan jaringan dengan mempertimbangkan penggunaan secara offline, mengurangi ukuran memori aplikasi dan melakukan uji coba diberbagai perangkat.

Kedua, Kunal mengatakan bahwa pengembang harus berinteraksi dengan pengguna.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan store experiments dimana pengembang dapat mengembangkan aplikasi lebih personal untuk pengguna Indonesia dengan membuat aplikasi bercita rasa lokal misalnya memberi promosi saat Ramadhan ataupun Hari Kemerdekaan.

Selain itu, pengembang dapat memanfaatkan Google Sign in yang dapat menghubungkan desktop dengan smartphone untuk mendorong jumlah instalasi, dan melakukan promosi lewat konsol Google lainnya seperti Google Search dan YouTube, serta memanfaatkan Acquisition and Conversion Funnel untuk membatu mengetahui performa aplikasi.

Terakhir, kunci untuk sukses di Play Store, menurut Kunal adalah melakukan monetisasi dengan memilih model bisnis yang tepat. Pengembang dapat memilih cara untuk mendapat keuntungan dari iklan misalnya, membuat aplikasi menjadi berbayar atau pun dengan model berlangganan layanan aplikasi.

Untuk mendorong pembelian aplikasi, Google sendiri telah menurunkan harga aplikasi Android dari Rp 12.000 menjadi Rp 3.000.

Google Play juga menghadirkan sejumlah pilihan model transaksi yakni Google Play Gift Cards yang hadir di 30 negara, Pay Pal yang dapat digunakan di 20 negara, dan pembayaran langsung lewat operator telekomunikasi dimana Google telah bekerja sama dengan Telkomsel, Indosat, XL serta 14 perusahan Telko lainnya di Asia Tenggara.

"Kunci utama untuk sukses di Google Play adalah kreativitas Anda dalam menciptakan aplikasi itu sendiri," tutup Kunal.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016