Madrid (ANTARA News) - El Clasico, begitu merk dari duel klasik antara dua raksasa sepak bola Spanyol. Barcelona siap menjamu Real Madrid dalam laga pekan ke-31 La Liga musim kompetisi 2015/16.

Pertarungan Barcelona versus Real Madrid akan digelar di Camp Nou pada Sabtu (2/4). Barcelona unggul 10 poin dari Real Madrid dalam klasemen Liga Spanyol, dengan delapan laga tersisa.

Ini artinya, kalaupun Real Madrid meraih kemenangan dalam laga El Clasico ini, tidak terlalu besar mempengaruhi peringkat kedua tim. Hanya saja duel ini memuat gengsi dan kehormatan kedua tim dalam catatan sejarah sepak bola negeri Matador, sebagaimana dikutip dari laman The False 9.

El Clasico senantiasa dimaknai sebagai pertarungan yang mengharubiru kedua tim, karena di sana terpantul kesungguhan hati dan keyakinan memberi yang terbaik bagi masing-masing fans.

Gelandang Barcelona Andres Iniesta dan Sergio Busquets tidak turun memperkuat timnas Spanyol dalam laga persahabatan pekan ini. Kedua pemain ini siap tempur karena kondisi fisik mereka bugar.

Untuk itu, gelandang-gelandang Real Madrid perlu ekstra kerja keras menahan laju pergerakan Iniesta dan Busquets. Lini tengah merupakan lini sentral dalam laga El Clasico pekan ini.

Tiga penyerang Barcelona melakoni perjalanan jauh untuk tampil di babak kualifikasi Piala Dunia. Mereka membela timnasnya masing-masing. Ini tentu saja sedikit benyak mempengaruhi produktivitas gol tim tuan rumah.

Lionel Messi memerlukan satu gol lagi untuk menorehkan catatan gol ke-500 dalam perjalanan karier membela klubnya. Ini kesempatan terbaik bagi La Pulga untuk mengerahkan seluruh daya kekuatan dalam laga El Clasico kali ini.

Pelatih Luis Enrique besar kemungkinan menurunkan gelandang-gelandang berpengalaman untuk mengimbangi daya jelajah gelandang-gelandang Real Madrid. Mencetak gol merupakan artikulasi yang terang benderang bagi Messi dan kawan-kawan.

Peran dan kiprah Messi sungguh krusial. Real Madrid perlu mengawal ketat pergerakan pemain berjuluk La Pulga ini. Kalau saja pemain berpaspor Argentina ini leluasa bergerak di lini tengah maka petaka cepat atau lambat menyambangi kubu Real Madrid.

Kalau saja para pemain Barcelona tampil tidak imajinatif, maka kecil kemungkinan Messi dapat mencetak gol ke gawang lawan. Pergerakan Messi memerlukan dukungan penuh dari kreativitas Luis Suarez.

Suarez bersama mitranya Neymar siap meneror pertahanan Real Madrid. Tiga pemain depan Barcelona bertipe predator, ganas menerkam lawan. Di sinilah tantangan pemain bertahan Real Madrid menahan laju gempuran pemain depan Barca.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016