AsiaNet 63962

BEIJING, Tiongkok, 1 April 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Hampir setiap bangsa di dunia diwakili oleh pakaian tradisionalnya, seperti Kimono di Jepang, Hanbok di Korea Selatan, Ao Dai di Vietnam dan Sarli di India. Tiongkok, negara yang memiliki sejarah dan peradaban selama ribuan tahun tengah berbenah, dan pakaian tradisional Tiongkok merupakan ikon signifikan yang merepresentasikan kebudayaan.

Inheritance and Craftsmanship, Penghargaan Desain Pakaian Tradisional Tiongkok pertama yang mencari desainer busana berbakat yang sanggup merancang pakaian dengan karakter dan semangat etnis Tiongkok dewasa ini, resmi dibuka di Beijing pada 22 Maret.

Di bawah arahan China National Textile and Apparel Council, bersama dengan Kantor Berita Xinhua, Xinhuanet dan Textile Apparel Weekly Magazine, kompetisi ini akan berlangsung hingga Oktober and mencakup perjalanan di seantero Tiongkok dan ke luar negeri pada November untuk mencari karya-karya luar biasa. Guna menarik banyak peserta, kompetisi ini dibagi ke dalam kelompok desainer amatir dan profesional. 

Mentor dan E-commerce

Para desainer kenamaan Tiongkok akan bertindak sebagai mentor dalam kompetisi ini, dan bekerjasama dengan merek-merek terkemuka yang mendukung para kandidat. Di bawah arahan mentor tersebut, ke-24 finalis top ini akan memperagakan rancangan mereka dalam sebuah kompetisi langsung, di mana pemenangnya berhak membawa pulang RMB150.000 (sekira Rp.305 juta). Karya ke-24 finalis ini juga akan dipamerkan di sejumlah kota utama termasuk Suzhou, Shanghai, Beijing, Hong Kong dan Paris. Sementara itu, hasil kompetisi tersebut akan dipasarkan secara e-commerce, para pemenang dan merek sponsor akan menetapkan "platform e-commerce pakaian Tiongkok terkustomisasi baru yang canggih, guna memasarkan produk tersebut dan kian meningkatkan pengaruh industri tekstil dan pakaian.

Mengimbau pengakuan di bidang kebudayaan

Kain sutra merupakan elemen yang sangat memajukan kebijakan pengembangan "One Belt and One Road". Kompetisi ini akan mengumpulkan karya-karya dengan tema "Inheritance and Craftsmanship" baik dari dalam maupun luar negeri.

"Pengaruh global Tiongkok terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini, kami harus meneruskan kebudayaan kostum dan pakaian Tiongkok saat ini. Inheritance (warisan) lebih berarti daripada imitasi dan reproduksi, ia merupakan sebuah kreasi. Saya percaya kompetisi ini akan berperan penting dalam bisnis pakaian di masa depan, khususnya reformasi struktural industri dari sisi penawaran," kata Mr. Li Dangqi, Chairman Chinese Fashion Designers Association.

Persyaratan bagi peserta dan pendaftaran

Peminat yang ingin mengikuti kompetisi diharuskan menyediakan bahan-bahan sebagai berikut:

1.Tema desain: "Inheritance and craftsmanship" (3-4 pakaian).

2.Sketsa berwarna: harap selesaikan sketsa berukuran 27cm x 40cm. Judul karya harus ditandai di sudut kiri atas. Sampel bahan pakaian berukuran 4cm x 4cm harus dilampirkan di sudut kanan bawah. Nama kandidat dan karya hendaknya ditandai di sudut kanan bawa di sisi belakang.

3.Gambar struktur: harap persiapkan struktur atau gambar buatan tangan dari masing-masing pakaian dengan penjelasan tema dan konsep.

4.Formulir pendaftaran: harap unduh dan cetak formulir pendaftaran di laman web resmi kompetisi (www.zhongguoguofu.com). Isi formulirnya, dan sertakan foto.

5.Instruksi kreativitas: 
  Dasar pemikiran desain 
  Uraian mengenai kain
  Penjelasan mengenai teknik pembuatan
  Sorotan unik (bagaimana agar sesuai dengan tema kompetisi) 

6.Satu salinan KTP (bolak-balik).

Untuk diperhatikan:

Semua bahan di atas hendaknya disiapkan dalam versi elektronik maupun cetak.
Harap kirimkan salinan elektronik ke zggf@news.cn dengan subyek "nama desainer dan judul karya". 

Silakan kirim salinan cetak ke alamat kontak di bawah:

Alamat: Room 1007, Zhidi Plaza, NO. 55 Hongwu Road, Xuanwu District, Nanjing, Jiangsu Province, P.R.China

Kode pos: 210005

Contact person: Mrs. Lv +86 139 1448 8485, Mr. Zhang +86 150 7782 1366

Contact QQ: 3109519599

Batas waktu: 31 Mei 2015, berdasarkan tanggal cap pos

Pada kemasan luar, harap beri tanda "kompetisi", ongkos kirim gratis.

Jika ada pertanyaan dari kandidat, silakan hubungi contact person kompetisi via QQ.

Sumber: Inheritance and Craftsmanship-TCC Design Award Committee

Tautan Lampiran Gambar:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016