Semarapura (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Klungkung tengah melakukan sejumlah persiapan untuk menggelar even Festival Semarapura 2016, yang akan diadakan pada 28 April sampai 3 Mei mendatang dan dipusatkan di Monumen Puputan.

"Festival Semarapura 2016 kali ini tidak mengadakan pawai budaya seperti tahun sebelumnya. Sebagai gantinya, berbagai pergelaran seni dan hiburan akan dilaksanakan di Panggung di Monumen Puputan Klungkung," ujar I Wayan Sujana, Kepala Dinas Budpar Klungkung selaku leading sektor Festival Semarapura, Sabtu.

Menurut dia, Festival Semarapura kali ini diintegrasikan acara Launching Program Gema Santi (Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif), pameran dagang (expo trade) dan job fair. Acara akan dipusatkan di Monumen Puputan Klungkung, sepanjang Jalan Untung Surapati sampai Jalan Diponegoro, Semarapura, di mana akan diadakan pameran dagang dan kuliner.

"Pada 29 Maret lalu, diadakan launching wisata dalam kota atau City Tour, dengan mengundang para travel agent seperti Asita dan pelaku pariwisata lainnya. Ini sesuai gagasan dan arahan Bapak Bupati," ucap dia.

Rute City Tour akan dimulai dari parkir pasar senggol, kemudian mengarah Monumen Puputan Klungkung menuju Puri Klungkung. Dari Puri Klungkung rute menuju Lapangan Puputan, memasuki ke Kertha Gosa, hingga ke pasar seni.

"Dari Pasar Seni Klungkung, peserta City Tour akan kembali ke parkir," ucap Sujana.

Untuk merealisasikan rangkaian launching City Tour Semarapura, terlihat berbagai penataan dalam kota. Mulai penataan parkir senggol, Monumen Puputan Klungkung, Lapangan Puputan, gapura menuju Kertha Gosa dan pintu masuk ke pasar seni dan pintu masuk parkir senggol.

Karenanya, kata dia, pengerjaan penataan Monumen Puputan Klungkung dikebut agar bisa selesai sebelum acara itu. Untuk menghindari terjadi kerusakan taman dan potensi kerusakan lainya di areal Kertha Gosa akibat penonton yang berdesakan, Festival Semarapura 2016 tidak mengadakan pawai seperti tahun sebelumnya.

"Sedangkan penonton akan ada di depan monumen, ada jarak dengan menggunakan sekat pagar besi. Ini sudah disetujui Bapak Bupati," ujarnya.

Pewarta: Vivi Suryani dan Gembong Ismadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016