... soal dan lembar jawaban dalam pengawasan polisi untuk menjamin kerahasiaan ujian. Data peserta ujian dan naskah soal serta lembar sudah final...
Kendari, Sulawesi Tenggara (ANTARA News) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, siap menggelar Ujian Nasional (UN) 2016 tingkat SLTA, yang tersebar di 52 sekolah negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari, Makmur, di Kendari, Sabtu, mengatakan, peserta UN sebanyak 5.711siswa, terdiri 3.820 siswa SMU, dan 1.819 siswa SMK.

"Naskah soal dan lembar jawaban dalam pengawasan polisi untuk menjamin kerahasiaan ujian. Data peserta ujian dan naskah soal serta lembar sudah final," kata Makmur.

Naskah soal dan lembar jawaban akan didistribusikan di sekolah pada Senin 4 April 2016 sesaat sebelum ujian berlangsung.

Meskipun ujian nasional tidak lagi menjadi syarat kelulusan namun siswa diharapkan kosentrasi agar nilai yang dicapai memuaskan.

Penyelenggaran UN serentak pada 4 April hingga 6 April 2016. Namun setiap sekolah ada yang berbeda selesainya, tergantung jumlah mata pelajaran.

Ia mengatakan, pengawas UN di Kota Kendari dilakukan secara silang oleh sejumlah sekolah, sehingga kemungkinan kolusi antara peserta dan guru dapat diminimalisir.

"Kita harapkan hasil UN tahun ini lebih baik dibanding sebelumnya. Tingkat kegagalan atau keberhasilan merupakan tanggung jawab bersama, baik sekolah maupun dinas," katanya. 

Pewarta: Sarjono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016