Melalui program 100.000 wirausaha baru, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya mencetak pengusaha baru demi mengokohkan geliat ekonomi di Jawa Barat,"
Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyatakan hingga saat ini telah mencetak 60.000 dari target 100.000 wirausaha baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menjadi penggerak ekonomi, demi kemajuan Jawa Barat.

"Melalui program 100.000 wirausaha baru, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya mencetak pengusaha baru demi mengokohkan geliat ekonomi di Jawa Barat," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, disela-sela acara Gelar Produk Seribu Wirausaha Baru Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Minggu.

Ia mengatakan setiap tahun pihaknya menargetkan 20 ribu wirausahawan baru terbentuk melalui program tersebut di Jawa Barat.

Menurut dia, dengan adanya program tersebut maka para calon wirausaha baru diberi bekal dan pelatihan agar mampu berdaya saing dalam industri ekonomi.

"Namun program 100 ribu wirausah baru sebagai pembinaan awal. Seperti hukum alam dalam perjalanannya, ada yang berkembang ada juga yang berguguran. Tapi melalui program ini ada juga yang usahanya semakin berkembang," kata dia.

Dikatakan dia salah satu kelemahan dalam program ini adalah pelaku usaha di negeri ini kurang bisa mengolah sumber daya alam yang ada.

"Contohnya saja di Jawa Barat selatan melimpah sumber daya alam biji besi. Namun karena tidak diolah nilainya menjadi murah. Maka dari itu, kami mengajak para pelaku usaha agar mampu mengolah barang dari hulu sampai ke hilir. Karena yang bisa mengolahnya yakni pengusaha," ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen-PAN RB) karena telah mengapresiasi program tersebut.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016