Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Jodie Rooseto, mendatangi bawahannya di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu, guna mengkoordinasikan rekaya kepulangan pendukung Persib Bandung atau Bobotoh dari partai final Piala Bhayangkara.

"Saya datang ke sini untuk memberikan penjelasan, nanti model kembalinya seperti apa," kata Jodie saat ditemui di kawasan Parkir Timur Senayan.

Sebelumnya, sedikitnya 2.400 personel Polda Jabar turut mengawal para Bobotoh Persib dalam perjalanan menuju Jakarta.

Menurut Jodie terdapat 600 unit bus yang mengangkut bobotoh yang mendapatkan kawalan Polda Jabar dengan menempatkan empat personel kepolisian di tiap bus.

"Intinya tadi mengawal mengantar kan sudah lancar, makanya kembalinya juga harus diatur," kata Jodie.

Polda Jabar nantinya akan mengatur agar kepulangan para bobotoh tetap berada dalam satu barisan konvoi menuju Bandung dan kota-kota lain di Jawa Barat seperti Bekasi dan Karawang.

Pihak Polda Jabar juga berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya untuk meminta aba-aba dan sinyal kepulangan para bobotoh.

"Pulangnya nanti rombongan tidak boleh tercerai berai harus menyatu (berkonvoi). Kami meminta sinyal dan aba-aba dari Polda Metro Jaya yang akan kami ikuti," kata Jodie.

Laga final Piala Bhayangkara mempertemukan Persib Bandung melawan Arema Cronus dan akan dilangsungkan selepas pertandingan perebutan tempat ketiga antara Bali United menghadapi Sriwijaya FC.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016