Pekanbaru (ANTARA News) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, mengimbau kepada seluruh siswa-siswi sekolah menengah atas sederajat yang akan melaksanakan ujian nasional yang dimulai Senin (4-12 April) untuk mempersiapkan mental dan istirahat yang cukup agar kondisi fisik bisa fit.

"Kepada siswa-siswi SMA sederajat kami minta mempersiapkan mental untuk ujian besok pagi dan menjaga kondisi badan," ujarnya usai memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Tuberkulosis di Pekanbaru, Minggu.

Ia menyatakan pada hari ini sudah memasuki H-1, diminta kepada siswa untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk besok. Jika ingin belajar untuk hanya membaca sepintas saja, sekedar mengingat-ingat yang sudah dipelajari.

"Untuk membaca sepintas-pintas saja untuk mengingat apa-apa yang sudah dipelajari. Dan jangan lupa nanti malam tidur tepat waktu, istirahat yang cukup sehingga besok hadir ke sekolah tidak terlambat," ucapnya.

Tak hanya itu, Plt Gubri juga meminta kepada siswa dalam pelaksanaan ujian hendaknya bersikap jujur dalam menjawab semua soal-soal UAN. Sehingga hasil yang diterima merupakan hasil dari kemampuan diri, bukan orang lain.

"Saya harap siswa bisa ujian dengan betul-betul menjawab soal dengan jujur dan disiplin, serta menjaga kesehatan," tambahnya.

Ia juga mengatakan kepada siswa-siswi SMA sederajat untuk selamat menempuh ujian, dan semoga sukses dan lancar.

"Selamat ujian untuk seluruh siswa-siswi SMA, dan semoga sukses dan lulus 100 persen," tutupnya.

Untuk diketahui bahwa Peserta UN SMA sederajat Riau tahun ini berjumlah 67.737 orang. Rinciannya, SMA 38.268 siswa, SMK 14.151, MA 9.052 siswa, SMALB 32 siswa, dan Paket C 6.234 siswa.

Sedangkan sekolah yang menggunakan Ujian NAsional Berbasiskan Komputer (UNBK) berjumlah 57 sekolah, yakni SMA 17 sekolah dengan peserta 3.615 siswa, dan SMK 40 sekolah dengan 9.180 siswa.

Pewarta: Bayu/Nella
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016