Di dalam mengelola partai, tidak boleh pecat memecat. Sebab, partai bukanlah perusahaan,"
Jakarta (ANTARA News) - Direktur EmrusCorner Emrus Sihombing mengatakan pemecatan kader partai justru akan merugikan parpol itu sendiri karena menjadikannya tidak berkembang.

"Pemecatan kader dapat berakibat partai terbonsai, sehingga sulit menjadi partai petarung, dan lambat laun menjadi partai pecundang pada setiap kontestasi di panggung politik," katanya dalam pesan yang diterima Antara, Senin.

Hal ini disampaikannya menanggapi pemecatan Wakil ketua DPR Fahri Hamzah dari keanggotaannya di Partai Keadilan Sejahtera.

Menurut dia, partai modern harus mampu mengelola perbedaan pandangan, setajam apapun perbedaan itu di internal partai. "Di dalam mengelola partai, tidak boleh pecat memecat. Sebab, partai bukanlah perusahaan," katanya.

Keikutsertaan seseorang dalam suatu partai dasarnya adalah kesukarelaan dan perjuangan. "Jadi, yang baik bagi kemajuan partai adalah kerelaan mengundurkan diri, bukan memecat," katanya.

Ia mengatakan, bila suatu partai melakukan pemecatan terhadap kadernya, itu pertanda pimpinan partai tersebut belum dewasa menerima dan mengelola perbedaan.

"Untuk itu saya menyarankan, bila ingin menjadi partai pemenang jangan sekali-kali memecat setiap kadernya," katanya.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016