Dengan begitu, pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline bisa langsung melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan bus pengumpan Transjakarta...."
Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan fasilitas berupa feeder bus atau bus pengumpan dari Stasiun Tebet dengan tujuan Karet dan Kampung Melayu.

"Dengan begitu, pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline bisa langsung melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan bus pengumpan Transjakarta. Bus pengumpan ini sudah mulai dioperasikan sejak Senin (4/4) kemarin," kata Humas PT Transjakarta Prasetya Budi di Jakarta, Selasa.

Selama ini, menurut dia, dari Stasiun Tebet tidak ada rute angkutan umum yang mendekati rute koridor Transjakarta. Oleh karena itu, pihaknya pun menyediakan fasilitas bus pengumpan.

"Selama ini, dari Stasiun Tebet, warga masih harus berpindah moda dua kali untuk bisa mencapai koridor Transjakarta. Belum ada angkutan umum yang benar-benar mendekati koridor Transjakarta dari Stasiun Tebet," ujar Prasetya.

Dia menuturkan terdapat 10 unit bus pengumpan yang disediakan untuk melayani penumpang dari Stasiun Tebet menuju Karet dan Kampung Melayu. Untuk menggunakan bus tersebut, penumpang cukup membayar Rp3.500 sekali naik.

"Pembayarannya tidak menggunakan uang tunai, tetapi pakai uang elektronik. Kami sudah menyiapkan mesin Electronic Data Capture (EDC) sebagai sarana pembayaran. Penumpang tinggal tap kartu saja," tutur Prasetya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi terkait pengoperasian bus-bus pengumpan tersebut. Apabila dirasa kebutuhan masyarakat akan bus pengumpan itu cukup besar, maka jumlah busnya akan ditambah.

Bus pengumpan Transjakarta dengan tujuan Karet akan beroperasi melewati Koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas 2) dengan rute Flyover Saharjo, Jalan Casablanca, Jalan Rasuna Said (Koridor 6/ Patra Kuningan-Kuningan Timur), Halte Karet, Jalan Casablanca dan Jalan Satrio Saharjo (menuju Stasiun Tebet).

Sementara itu, bus pengumpan Transjakarta dengan tujuan Kampung Melayu akan beroperasi melewati Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu) dan Koridor 7 (Kampung Rambutan-Kampung Melayu) dengan rute Jalan Jatinegara Barat (Koridor 5/ berputar arah di Kebon Pala), Jalan Jatinegara Timur, Terminal Kampung Melayu (masuk Koridor 7), Jalan Otista (berputar arah di Bidara Cina) dan Kampung Melayu (kembali menuju Stasiun Tebet).

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016