Jakarta (ANTARA News) - Tangerang menjadi wilayah terfavorit bagi pembeli properti berdasarkan survei iProperty Rumah123.

"Cukup gencarnya developer di kawasan ini melakukan promosi, cukup membantu Tangerang meraih kembali popularitasnya," kata Country Manager Rumah123 Ignatius Untung melalui keterangan pers di Jakarta, Selasa.

Sementara itu, lanjut Ignatius, Jakarta Selatan kembali menang mutlak untuk kota favorit di Jakarta. Selanjutnya, Bandung, Makassar dan Medan juga meraih posisi favorit untuk kota di luar Jakarta.

Lokasi strategis, harga terjangkau,dan kemudahan akses menjadi alasan utama ketiga kota tersebut memenangkan hati responden.

Menurut Ignatius, survei ini juga menanyakan preferensi investasi properti luar negeri yang menghasilkan, di mana Singapura, Malaysia, dan Australia menjadi tiga negara teratas.

Hal ini didukung faktor kedekatan lokasi dengan Indonesia, hubungan bisnis, dan banyaknya anak-anak mereka yang sekolah di ketiga negara tersebut.

"Ada fakta yang cukup menarik, mereka yang menyediakan anggaran investasi hingga di atas Rp10 miliar, atau dikategorikan investor, melirik properti internasional untuk menghabiskan masa tua mereka kelak," ujar Ignatius.

Pewarta: Sella Pnduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016