Tahun ini kita masih fokus Raja Ampat dulu. Untuk pengembangan pariwisata Pegunungan Arfak belum. Itu nanti,"
Manokwari (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pengembangan pariwisata yang dilakukan pemerintah pusat di Papua Barat masih terfokus di Kabupaten Raja Ampat.

"Tahun ini kita masih fokus Raja Ampat dulu. Untuk pengembangan pariwisata Pegunungan Arfak belum. Itu nanti," kata Presiden saat berkunjung di Manokwari, Papua Barat, Selasa.

Presiden menyebutkan tahun ini pemerintah pusat akan membangun terminal bandara dan memperpanjang landasan bandara di kabupaten itu.

Terkait rencana tersebut, Presiden sudah memerintahkan kepala daerah agar menyiapkan lahan atas pembangunan itu. Jika lahan telah siap, pembangunan akan dimulai.

Presiden mengatakan agenda pembangunan infrastruktur di Papua Barat masih cukup banyak. Selain tol laut, kereta api dan pembangunan bandar udara, pembangunan infrastruktur lainya pun akan terus digenjot.

Kepala Negara menegaskan jalur transportasi darat antara Kabupaten Manokwari-Teluk Wondama harus terhubung pada tahun 2017. Pembukaan dan pembangunan jalan penghubung dua daerah ini harus digenjot tahun ini.

"Manokwari-Wasior saya targetkan harus tembus, harus tembus," kata Presiden menegaskan.

Selain itu, kata presiden, perpanjangan landasan pacu Bandar Udara Rendani Manokwari harus segera dilaksanakan sehingga pesawat berbadan lebar bisa mendarat.

"Saya targetkan, tahun ini proses pembebasan lahan sudah rampung, dan tahun depan pembangunan sudah bisa dimulai," kata dia.

(T.KR-TYB/S027)

Pewarta: Toyiban
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016