Jakarta (ANTARA News) - Android Marshmallow berhasil menggandakan pangsa pasar dalam sebulan, demikian rilis terbaru dari sistem operasi mobile Google.

GSM Arena melaporkan, saat ini Marshmallow telah terinstal pada 4,6 persen dari semua perangkat Android, sedangkan pada Maret jumlah instalasi hanya 2,3 persen.

Sementara itu, pada April, Lollipop meraup 35,8 persen pasar yang berkurang 0,3 persen dari bulan lalu. Diperkirakan hal tersebut terjadi akibat migrasi pengguna Lollipop ke Marshmallow.

Beralih ke KitKat, saat ini sistem operasi Android tersebut masih mendominasi pasar perangkat Android dengan persentase 33,4 persen, turun 0,9 persen dari bulan lalu.

Tiga rilis Jelly Bean (Jelly Bean 4.1.x, 4.2.x, dan 4.3) mengambil pangsa pasar 21,3 persen, menurun satu persen dari bulan sebelumnya.

Kematian dari Ice Cream Sandwich berlanjut dengan penurunan pangsa pasar 0,1 persen menjadi 2,2 persen, sedangkan Gingerbread dan Froyo masih tetap bertahan di pasar masing-masing 2,6 persen dan 0,1 persen.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016