Beijing (ANTARA News) - Tiongkok mulai menyalakan menara suar di pulau buatan yang terletak di Laut Tiongkok Selata.

Posisi pulau buatan itu di dekat lokasi kapal perang Amerika Serikat tahun lal menantang tuntutan wilayah oleh Tiongkok.

Tiongkok menuntut pengakuan di berbagai titik  di Laut Tiongkok Selatan, yang kaya sumber daya alam dan merupakan jalur pelayaran dagang dengan nilai lima triliun dolar setiap tahunnya.

Negara-negara tetangga seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga mengklaim wilayah yang diperebutkan tersebut.

Kementerian Perhubungan Tiongkok menyelenggarakan upacara penyelesaian pembangunan menara suar setinggi 55 meter di Subi Reef yang pembangunanannya dimulai pada Oktober, menurut berita yang disiarkan oleh Kantor Berita Tiongkok, Xinhua, Selasa.

Oktober 2015, kapal perusak berpeluru kendali dari AS, USS Lassen, berlayar dalam jarak 12 mil laut dari Subi Reef. Aksi tiu memicu kemarahan Tiongkok yang menyebutnya sebagai perbuatan tidak bertanggung jawab.

Subi Reef adalah pulau buatan yang dibangun oleh Tiongkok dengan menguruk pasir selama tahun lalu.

Sebelum Tiongkok mengubahnya menjadi pulau, Subi Reef tenggelam pada saat gelombang pasang.

Ketentuan Perserikatan Bangsa-bangsa mengenai hukum laut terkait batas 12 mil laut tidak dapat diterapkan dari pulau buatan manusia yang dibangun di atas karang.

Tiongkok menyatakan bahwa bangunan di Laut Tiongkok Selatan itu dimaksudkan untuk memenuhi ketentuan internasional mengenai keamanan maritim, kepentingan pencarian dan penyelamatan serta penelitian ilmiah.

Mengenai menara suar tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang mengatakan bahwa Tiongkok mempersembahkan menara suar itu untuk kepentingan bersama demi keamanan dan kebebasan pelayaran yang akan membantu kepentingan niaga di perairan.

Xinhua mengatakan bahwa menara suar yang menyorotkan cahaya putih pada malam hari akan menyediakan jasa pelayaran untuk menentukan posisi, panduan jalur dan keamanan pelayaran yang dapat meningkatkan tata kelola tanggap darurat.

Laut Tiongkok Selatan merupakan kawasan laut yang penting dan menjadi daerah penangkapan ikan.

Tiongkok mempunya proyek menara suar pada dua tempat lain, yaitu di Cuarteron Reef dan Johnson South Reef.

(Uu.SYS/C/M007/A/T008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016