Jakarta (ANTARA News) - Pedangdut Zaskia Gotik mendapat tantangan dari rekan pekerja seni untuk membacakan Pancasila dihadapan para anggota DPR dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Mengenakan busana berwarna ungu menyala, Zaskia sempat gugup. Namun, dia akhirnya bisa melafalkan lima sila Pancasila secara lantang. Anggota Komisi VIII DPR, Arzetty Bilbina, mengatakan, hal ini membuktikan pekerja seni juga mengetahui Pancasila.

"Ini membuktikan ya, pekerja seni juga hafal Pancasila. Pekerja seni betul-betul bisa bersama-sama bertanggung jawab mensosialisasikan Pancasila," kata dia yang memandu acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama 62 artis, di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Fraksi PKB di MPR, Abdul Karding, mengatakan, kegiatan sosialisasi Empat Pilar bersama para artis dilatarbelakangi salah satunya oleh kasus yang menimpa Zaskia Gotik. 

Menurut dia, kasus Zaskia menyadarkan masyarakat bahwa kurangnya pemahaman soal Pancasila ternyata juga terjadi pada kepala daerah. 

Mengutip sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu koran nasional, Karding mengatakan masih banyak masyarakat yang tak hafal Pancasila. "Karena Zaskia kebetulan figur publik maka semua masalah menjadi terbuka," ujar dia.

Dia berharap pekerja seni pada sosialisasi itu belajar mengenai Pancasila dan selanjutnya mau menyampaikan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat.

Selain Karding, anggota lain MPR dari Fraksi PKB, di antaranya Lukman Edy, Ana Mu'amanah dan Krisna Murti juga hadir dalam acara sosialisasi itu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016