Kita butuh waktu sekitar tiga tahun untuk membangun pabrik semen ini dan pembangunannya akan dimulai pada tahun 2016.
Banda Aceh (ANTARA News) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memperkirakan produksi pabrik semen baru yang akan dibangun di kawasan Laweung, Kabuparten Pidie, Provinsi Aceh akan mencapai 3 juta ton per tahun.

"Kita perkirakan pabrik semen baru ini akan mampu berproduksi mencapai 3 juta ton per tahun," kata Kepala Biro Humas Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Sigit Wahyono di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan luas lahan pabrik semen di kawasan Laweung, Pidie yang bekerja sama dengan perusahaan lokal di provinsi itu yakni PT Samana Citra Agung seluas 1.500 hektare.

Ada pun potensi produksi semen dari lahan yang dimiliki perusahaan tersebut mencapai 200 tahun dan perusahaan tersebut ditargetkan akan berproduksi pada tahun 2020.

"Kita butuh waktu sekitar tiga tahun untuk membangun pabrik semen ini dan pembangunannya akan dimulai pada tahun 2016," katanya.

Ia menambahkan kehadiran perusahaan tersebut akan memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar serta berbagai sektor ekonomi di daerah tersebut di masa mendatang.

"Kita membutuhkan tenaga kerja mencapai 3 ribu orang pada tahap pengerjaan proyek pembangunan pabrik semen dan semua para pekerja akan diutamakan dari daerah setempat," katanya.

Ia menambahkan perusahaan pabrik semen yang akan dimulai pembangungannya di kawasan Laweung Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh pada 30 April 2016 dengan peletakan batu pertama memiliki total investasi mencapai Rp5 triliun.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016