Bandar Lampung (ANTARA News) - Pihak MPR mengajak para dosen baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta ikut membantu mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, terutama pada mahasiswa didiknya.

Hal ini diungkapkan Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam sambutannya yang dibacakan Anggota Badan Sosialisasi MPR Abidin Fikri, dalam pembukaan pelatihan untuk pelatih (training of trainers) sosialisasi Empat Pilar MPR di lingkungan perguruan tinggi negeri dan swasta se- provinsi Lampung, di Bandar Lampung, Jumat.

"Saya mengajak saudara-saudara sekalian bersama-sama memahami Empat Pilar MPR, yakni Pancasila sebagai landasan ideololgi, UUD 1945 sebagai landasan konstitusi, NKRI sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi dan Bhineka Tunggal Ika sebagai kekayaan bangsa," kata Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan sebagai salah satu indikator kemajuan bangsa pendidikan diharapkan dapat membangun bangsa. Disinilah, para dosen berperan penting membangun karakter anak bangsa.

"Pendidikan merupakan medium pembangunan identitas bangsa. Dunia pendidikan sebagai ruang peningkatan kapasitas bangsa, bagian mengembangkan potensi, kreativitas dan daya nalar yang dimiliki," tkatanya.

"Fungsi pendidikan membangun karakter bangsa. Pimpinan MPR, para dosen mempunyai peran stategis dalam pembangunan karakter bangsa," imbuh Zulkifli.

Dia berharap kegiatan ToT ini bisa memberikan manfaat nyata pada pemahaman nilai-nilai kebangsaan terutama di kalangan mahasiswa. "Kegiatan ini merupakan salah satu metode sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, diharapkan memberikan manfaat pada pemahaman pentingnya nilai-nilai kebangsaan yang berkelanjutan," pungkas Ketua MPR.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016