Mukomuko (ANTARA News) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu menyelamatkan sebanyak 184 butir telur penyu jenis lekang dari pesisir pantai Kabupaten Mukomuko.

"Sebanyak 184 telur penyu itu ditemukan di pantai Desa Sinar Laut, Kecamatan Pondok Suguh. Selanjutnya telur penyu itu diselamatkan dan disimpan di bak penetasan milik BKSDA agar tidak dijarah warga dan dimakan binatang buas," kata Kepala BKSDA Provinsi Bengkulu Anggoro, melalui kepala Resort BKSDA Kabupaten Mukomuko Rasyidin, di Mukomuko, Minggu.

Ia menyebutkan, sebanyak 184 butir telur penyu itu ditemukan di dua lokasi berbeda tetapi masih sepanjang pesisir pantai Desa Sinar Laut.

Menurutnya, pada bulan ini sedang memasuki musim penyu bertelur di pantai di wilayah itu.

Sehingga, katanya, tim dari BKSDA bersama warga yang melestarikan penyu di Kabupaten Mukomuko meningkatkan patroli guna mencari lokasi penyu bertelur.

"Jangan sampai telur penyu itu dijarah oleh warga dan dimakan oleh binatang buas," ujarnya.

Yang paling berperan dalam melestarikan penyu di daerah itu, menurutnya, kelompok warga setempat yang melestarikan penyu.

Ia mengungkapkan, sampai sekarang penyu lekang banyak yang bertelur di sepanjang pesisir pantai di Kabupaten Mukomuko, terutama di pantai Kecamatan Ipuh dan Pondok Suguh.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016