Kalau dulu kami 'berdarah-darah' mengumpulkan KTP, sekarang jauh lebih mudah. Tanpa harus menjelaskan panjang lebar 'Teman Ahok' itu apa
Jakarta (ANTARA News) - Dalam satu bulan, jumlah salinan KTP dukungan untuk pencalonan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Heru Budi Hartono yang dikumpulkan Teman Ahok sudah mencapai 533.420.

Jumlah ini memenuhi syarat minimum dukungan calon perseorangan Gubernur DKI Jakarta, yaitu 532.213 atau 7,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu sebelumnya.

"Tanggal 11 Maret kami mulai efektif melakukan pengumpulan ulang dukungan dengan formulir baru dan 11 April sudah terkumpul 532.420," kata Juru Bicara Teman Ahok Amalia Ayuningtyas di Jakarta, Senin.

Menurut Lia, angka ini tercapai karena masyarakat antusiastir mendukung Ahok setelah calon petahana ini memastikan maju lewat jalur independen.

"Kalau dulu kami 'berdarah-darah' mengumpulkan KTP, sekarang jauh lebih mudah. Tanpa harus menjelaskan panjang lebar 'Teman Ahok' itu apa," ujar Lia.

Perempuan berkacamata ini melanjutkan, dukungan publik sudah masuk ke tahap partisipasi aktif, misalnya saat ada formulir yang salah menuliskan nama lengkap Ahok, masyarakat melapor kepada Teman Ahok.

Ia menambahkan, dukungan juga datang dalam berbagai bentuk, mulai dari pembelian merchandise yang meningkat, pinjaman peralatan, hingga kiriman makanan.

"Banyak juga yang menyumbangkan ide, keterampilan dan karyanya untuk mendukung gerakan Teman Ahok," tukas Lia.



Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016