Solo (ANTARA News) - Sebanyak 17 atlet pebulu tangkis muda kelompok umur baik putra maupun putri berhasil lolos ke Kudus setelah menjalani audisi umum pencari bakat "Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016" di GOR Sritex Arena Solo, Senin.

17 atlet muda terdiri dari peserta yang berhasil masuk hingga semifinal untuk kelompok putra dan final untuk kelompok putri sebanyak 12 pemain, sedangkan lima atlet mendapatkan super tiket tambahan pilihan dari tim pencari bakat atau pemantau yang diketuai legendaris pebulu tangkis Indonesia Christian Hadinata.

Peserta yang berhasil lolos maju final ke Kudus untuk kelompok umur 13 putra yakni Yanuar Teguh Mahedra DwiWidiyanto (PMS Solo), Brahmadya Alief Pinandito (PB Saribumi Solo), Prahdiska Bagas (Pati), Abdul Latif Al Luqman (All Star Karanganyar).

Pada kelompok U-15 putra yang berhasil lolos masuk final ke Kudus yakni Anggito Tri (PMS Solo), Kenny Woen (Banyuwangi), Erwlyn Rahardian (Magelang), dan M. Rafi Zafran (Yogyakarta).

Pada kelompok U-13 putri yang diambil dua atlet yang masuk final yakni Jessica Maya Rismawardani (Sukoharjo), Fradila Shelma Anggata (Tuban), sedangkan U-15 putri yakni Nurdian Putri Hapsari (Solo) dan Bernadette Theresia avila Jeanita (Magelang).

Tim pencari bakat kemudian menetapkan lima atlet baik putra maupun putri terpilih menjadi pebulu tangkis berbakat potensial mendapatkan "Super Tiket Tambahan", yakni Chiara Marvella Handoyo (11) asal Klaten kelahiran 2005, Happy Meirita Almas (14) asal Nganjuk, Kevin Jonathan Wibowo (12) PMS Solo, Vanest Valentino (14) asal Pontianak, dan Muhammad Rayhan Saputra (12) asal Solo.

Menurut Abraham Delta Oktaviari selaku perwakilan dari Program Associate Bakti Olahraga Djarum Foundation, dari 680 peserta yang mendaftar audisi di Solo tersebut yang lolos ke final di Kudus sebanyak 17 atlet saja.

Menurut Abraham ratusan atlet muda tersebut telah menjalani tahap screening dan turnamen yang dibagi dua kelompok U-13 dan U-15 baik putra maupun putri. Dan penyelenggaraan audisi di Solo diprediksi rekor terbanyak dibanding kota lainya seperti Bandung, Palembang, Purwokerto, Balikpapan, Makassar, Cirebon, Surabaya, dan Kudus.

Para peserta yang lolos tahap seleksi tersebut akan mengikuti final di Kudus pada tanggal 2-4 September mendatang. Mereka akan menjalani karantina selama satu pekan sebelum menjalani tahap final di Kudus.

Menurut Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016, Christian Hadinata, para peserta yang lolos audisi di Solo masih harus berjuang bersaing mengikuti babak final dengan atlet yang lolos dari kota lain, di Kudus.

Menurut Chritian yang juga legenda pebulu tangkis Indonesia itu, peserta harus menyiapkan diri dan banyak hal yang masih perlu diperbaiki terutama baik soal teknik maupun stamina.

Namun, Chritian mengakui para peserta patut mendapatkan acungan jempol karena semuanya memiliki semangat juang tinggi untuk bisa berprestasi lebih baik.

Menurut dia, empat finalis kelompok putri baik U-13 dan U-15 yang diambil masuk final di Kudus, sedangkan putra delapan atlet untuk U-13 dan U-15, sehingga totalnya 12 orang, kemudian ditambah lima atlet mendapatkan super tiket tembahan. 

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016