Ibaratnya, kalau kita mau sehat kita harus makan makanan bergizi. Nah, kalau mau menciptakan karya kreatif yang bagus, kita juga perlu melihat referensi yang bagus-bagus
Jakarta (ANTARA News) - Animator muda Marsha Chikita Fawzi memiliki trik sendiri untuk membangun dan mengembangkan kreativitas, salah satunya adalah mencari referensi buku-buku animasi karya animator besar.

"Ibaratnya, kalau kita mau sehat kita harus makan makanan bergizi. Nah, kalau mau menciptakan karya kreatif yang bagus, kita juga perlu melihat referensi yang bagus-bagus," kata putri pasangan Ikang Fawzi dan Marissa Haque ini di Jakarta, Selasa.

Selain itu, Chiki, sapaan akrabnya, juga mencari referensi dengan menonton film-film animasi yang diproduksi perusahaan-perusahaan global seperti karya Pixar Animation Studios.

Salah satu animator Upin Ipin ini menyampaikan, referensi buku maupun film akan membuat imajinasi seseorang terpacu untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

Adik Issabella Muliawati Fawzi ini juga kerap melihat-lihat karya animator maupun desainer lain pada aplikasi Pinterest, yang kemudian ia tiru dengan modifikasi yang ia kembangkan sendiri.

"Kalau kata Yoris Sebastian (pelaku industri kreatif) itu ATM, amati, tiru, modifikasi. Jadi bukan menjiplak ya. Bagaimana dari karya yang kita amati itu bisa menjadi sesuatu yang baru dan lebih bagus," ujarnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016