Jakarta (ANTARA News) - Kompetisi sepak bola Indonesia yang didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang rencananya akan digulirkan pada akhir April ini dijadwalkan akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Akhir April liga akan digulirkan. Dan kami akan memohon kepada presiden untuk membukannya," kata Menpora Imam Nahrawi di sela pencanangan pembangunan seribu lapangan di Desa Sukaluyu, Taman Sari, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Meski mendukung kompetisi yang akan digulirkan akhir bulan ini, namun Menpora belum menyampaikan nama kompetisi yang diharapkan menjadi tonggak kembalinya kompetisi sepak bola Indonesia yang selama ini vakum dan hanya diisi dengan turnamen.

Jika dilihat dengan jadwal yang ada, kompetisi yang bakal digulirkan akhir bulan ini atau tepatnya 29 April adalah Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang diprakarsai oleh PT Gelora Trisula Semesta (GTS). Adapun peserta kompetisi ini adalah klub yang sebelumnya turun di Indonesia Super League (ISL).

Pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu menegaskan, kompetisi sepak bola memang harus segera dilakukan. Namun, pihaknya berharap masyarakat tetap bersabar karena pemerintah berusaha memberikan yang terbaik.

"Jangan khawatir. Pemerintah tidak akan merusak persepakbolaan nasional, tapi ingin memperbaiki sepak bola nasional agar kedepannya lebih baik," kata menteri kelahiran Bangkalan, Madura itu.

Dengan kembali digulirkan kompetisi, Menpora berharap keuntungan dari pengelolaan sepak bola tidak hanya dinikmati oleh segelintir orang, namun juga harus menyebar ke semua pihak yang terlibat termasuk pemain. Selama ini, dinilai masih terjadi kesenjangan.

Sementara itu Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto membenarkan jika pemerintah memberikan dukungan pelaksanaan kompetisi yang akan digulirkan akhir April ini. Hanya saja, pihaknya juga belum mengumumkan nama kompetisinya.

"ISC? Mungkin saja. Ini semua harus menunggu keputusan dari Pak Menteri," katanya saat mendampingi Menpora mencanangkan program seribu lapangan.

Menurut dia, khusus untuk ISC memang ada rencana untuk melakukan pertemuan dengan pihak PT GTS yang akan menjadi operator. Sesuai dengan rencana, pertemuan tersebut akan dilakukan di Kemenpora, Jakarta, Kamis (14/4).

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016