Jakarta (ANTARA News) - Twitter mengungkapkan grup idola JKT48 dan Cherrybelle telah menghadirkan definisi penggemar masa kini lewat interaksi mereka secara real-time lewat media sosial tersebut. Cara tersebut adalah kemajuan trean interaksi antara musik dan penggemar dalam dunia hiburan masa kini.

"Fenomena tersebut seakan mengubah cara musisi mempromosikan musik untuk memperoleh popularitas," kata Twitter dalam siaran pers.

"Interaksi yang terjadi secara live, saling bertukar komentar dan keakraban dengan penggemar menjadi kunci sukses berpromosi melalui 140 karakter," lanjut Twitter.

Kedua grup sama-sama terbentuk pada 2011. Pengikut JKT48 dalam akun @officialJKT48 telah mencapai 3,03 juta, sementara @Cherrybelleindo mencapai 1,41 juta.

Melalui Twitter, kedua grup itu seakan tidak berjarak dengan para penggemar. Di satu sisi, Twitter jadi saluran komunikasi dan promosi efektif bagi musisi. Di sisi lain, penggemar senang bisa mendapat informasi terkini melalui linimasa idola mereka.

Salah satu contoh promosi akun @officialJKT48 yang paling banyak di-retweet dalam sejarah akun mereka sejak Desember 2014 adalah tweet mengenai poster film horor "Wewe" yang dibintangi Nabilah JKT48. Cuitan itu di-retweet sebanyak 5.994 kali dan mendapat 879 likes.

Sementara itu, Cherrybelle menenangkan penggemarnya  bahwa generasi pertama yang telah berganti akan tetap jadi bagian sejarah kelompok itu dalam sebuah video Tweet.

"Cherrybelle berusaha untuk menjaga basis penggemarnya, meyakinkan para Twibes, bahwa semua akan baik-baik saja, the show must go on," kata Twitter.

Twitter menyimpulkan kedua grup yang tergolong pendatang baru di musik Indonesia bisa mendefinisikan ulang konsep interaksi dengan penggemar masa kini secara unik dan komprehensif memanfaatkan media sosial itu sebagai platform utama untuk lebih terhubung dengan penggemar. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016