Jakarta (ANTARA News) - Industri film India berubah dan film mereka tak selalu harus berisi adegan tari dan lagu untuk bisa sukses, kata superstar Bollywood, Shah Rukh Khan.

Khan yang ada di London untuk mempromosikan film terbarunya mengatakan pada Reuters bahwa meski Fan punya lagu tema, lagu itu sama sekali tidak muncul dalam film karena hanya dipakai untuk trailer.

"Sineas muda dan semua orang tahu hal itu, kau tahu, kami tidak lagi harus memasukkan lagu dalam film," kata dia.

"Saya tidak pikir itu akan menghilang. Butuh waktu lama untuk menghilangkan lagu-lagu dari film kami, tapi tiap film akan punya kebutuhan yang berbeda," kata dia. 

Film Bollywood biasanya memiliki score musik yang rumit dan jarang sineas yang tidak memasukkan adegan tari serta lagu dalam film. Sebagian kesuksesan film bergantung pada musik ketimbang plot cerita.

Film terbaru Khan yang dirilis secara global, Jumat, memperlihatkan aktingnya menjiwai dua peran sebagai seorang penggemar yang mirip dengan bintang film idolanya.

Pada Rabu, Khan mempelihatkan patung lilinnya yang didandani seperti tokoh penggemar itu, Gaurav, di museum Madame Tussauds, London.

Saat ditanya apakah dia pernah bertemu dengan orang yang mirip dengannya, Khan mengatakan banyak penggemar yang kerap berdandan sepertinya.

"Saya pria yang biasa saja. Banyak orang yang berdandan seperti saya dan mereka semua mengenakan kacamata hitam jadi mereka mirip dan berbicara seperti saya, dalam Kolkata," katanya. 

"Saya punya anak laki-laki yang dipanggil Prashant di Mumbai. Saya bertemu banyak orang yang mirip. Bahkan di Twitter, banyak orang yang berdandan mirip. Sebelum operasi mata, saya sering bingung membedakan mana foto saya dan foto mereka," katanya. 

Aktor 50 tahun itu menikmati media sosial untuk berinteraksi dengan penggemar. Khan punya 19 juta pengikut di Twitter dan dia mengaku membaca 90 persen dari konten yang ditujukan untuknya. 

Kendati demikian, sang aktor agak menjauhi platform lain setelah putrinya mengkritik gambar Khan di Instagram. Anaknya bilang dia terlalu banyak menggunakan filter warna dalam fotonya.

Khan yang telah berakting selama lebih dari dua dekade dianggap sebagai pionir di industri film India dalam bereksperimen menggunakan efek khusus dan grafis dalam filmnya. Make up untuk karakter Gaurav dikejakan oleh ahli yang membuat tampilan Brad Pit dalam The Curious Case of Benjamin Button.

Namun, saat ditanya mengenai film animasi, Khan mengatakan Bollywood butuh setidaknya lima sampai sepuluh tahun untuk menciptakan genre tersebut.

"Animasi butuh penulisan khusus. Saya seni itu belum sempurna di India. Jadi kami butuh penulis skenario untuk animasi, saya kira dari Barat," katanya.

"Animasi di India belum terlalu bagus. Saya pikir kami masih harus bekerja keras."

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016