... akan meningkatkan partisipasi aktif dan peran kepemimpinannya di PBB...
Jakarta (ANTARA News) - "Indonesia akan meningkatkan partisipasi aktif dan peran kepemimpinannya di PBB," kata Wakil Tetap Indonesia untuk PBB, Dian Triansyah Djani, saat menyerahkan surat kepercayaan kepada Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon.

Penyerahan surat kepercayaan itu dilakukan di Markas Besar PBB, New York pada Selasa (12/4), menurut keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri, yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam pertemuan bilateral dengan Ban, Djani menyampaikan tekad pemerintah Indonesia untuk terus memajukan prinsip multilateralisme dalam penanganan isu-isu global, terutama yang memiliki dampak langsung terhadap kepentingan nasional Indonesia.

Dia juga menyampaikan salam Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, kepada Ban. 

Pada kesempatan tersebut, Djani menegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dengan PBB dan secara khusus menegaskan visi Indonesia untuk meningkatkan perannya dalam misi-misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Dia juga menyebutkan tekad Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020, serta komitmen Indonesia untuk turut menyukseskan implementasi Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030.

Selain itu, kata dia, Indonesia akan terus mendorong kemerdekaan untuk Palestina dan penghormatan HAM di berbagai belahan dunia serta kerja sama pembangunan termasuk maritim.

Sementara itu, Ban menyampaikan ucapan selamat datang kepada Duta Besar Djani dan apresiasi atas peran Indonesia di PBB selama ini, terutama sebagai negara pengirim pasukan perdamaian PBB terbesar ke-10 di dunia.

Ban juga menghargai kepemimpinan Indonesia dalam isu perubahan iklim, Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030,dan isu-isu kemanusiaan.

Dia menyampaikan harapan agar Indonesia dapat terus menjalankan peran kepemimpinan tersebut di PBB. 

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016