Jakarta (ANTARA News) - PT. Pertamina mendukung program pengembangan pebalap lokal di Indonesia untuk mengikuti serta mewadahi berbagai event balap resmi skala nasional.

"Pertamina selalu mendukung olahraga di Tanah Air, Proliga voli kita dukung juga, basket lewat Satria Muda, dan hari ini kami langsung membentuk Pertamax Motorsport, baik dalam event dan keikutsertaan tim, ada 4 tim yang akan kami turunkan."

"Kami selalu mendukung muda-mudi untuk next generation," kata Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Afandi di Jakarta, Kamis.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari salah persepsi bahwa Pertamina hanya mendukung event balap kelas internasional.

"Sebenarnya kami selalu mendukung balap lokal, hanya saja tidak terlalu gencar diliput media, kebetulan ketika ada talenta berbakat Rio Haryanto dan kami ikut serta barulah terlihat upaya kami," tutur Afandi usai menggelar jumpa pers.

Namun, ia juga menjelaskan bahwa selain Rio, belum ada atlet lain yang didukung Pertamina, mengingat masih minim sumber daya atlet dan masih anjloknya harga minyak dunia.

"Selain Rio belum ada, namun kami selalu mencari dan mengembangkan bibit untuk layak kami dukung," ucapnya.

Pertamax Motorsport Program (PMP) juga bertujuan untuk menemukan bibit-bibit potensial yang kelak dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah otomotif internasional.

PMP akan memiliki dua agenda besar yaitu, Pertamax Championship, yang akan menggelar 3 (tiga) cabang olahraga otomotif, baik di cabang roda empat maupun roda dua. Ketiga cabang tersebut adalah: "Pertamax Drifting Championship", "Pertamax Racing Sprint Rally Championship", serta "Pertamax Drag Bike Championship".

Adapun agenda besar kedua dari PMP, yaitu keikutsertaan Pertamax Motorsport Team di 4 (empat) cabang olahraga otomotif dengan menggunakan nama "Pertamax Drift Team", "Pertamax Rally Team", "Pertamax Dragbike Team", serta "Pertamax Offroad Team" yang akan berlaga di ajang "Indonesia X-Offroad Racing 2016".

Pertamax Motorsport Team akan diperkuat oleh pebalap-pebalap di antaranya seperti Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, Yedidiah, Rio Saputro, serta Lucky Reza.

PMP akan dibuka lewat "event Drift War" sebagai bagian dari Pertamax Drift Championship yang akan diselenggarakan pada 15 dan 16 April 2016 atau pada saat berlangsungnya pergelaran Indonesian International Motor Show 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016