Jakarta (ANTARA News) - Ajang bola basket bertajuk Invitasi Bola Basket Antar Media Nasional (Ibbamnas) 2016 yang berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, memasuki babak perempatfinal, Kamis. 

Hingga babak ini, hanya tim tangguh yang bisa bermain menyusul tergerusnya stamina pemain setelah bermain tiga kali beruntun. Selain itu, aturan baru di perempat final dimana format waktu semi-bersih, membuat para peserta harus melakukan strategi penghematan tenaga.

"Main tiga hari beruntun sangat menguras stamina kami. Untuk itu, pelatih melakukan rotasi pemain dengan mengistirahatkan pemain. Ini sudah kami lakukan saat pertandingan ketiga," ujar pemain SCTV Emtek, Fedhly Averouss Bey. 

Ia mengatakan, waktu semi-bersih ini sangat berpengaruh. Diharapkan dengan adanya waktu istirahat, rekondisi performa dapat terjadi dan siap untuk berlaga di semifinal, Jumat (15/4).

Dalam laga perempat final, SCTV Emtek sebagai juara bertahan melaju ke semifinal setelah mengandaskan Tempo Group dengan skor telak 50-6. Di empat besar, SCTV menghadapi RTV yang sebelumnya menang atas Mahaka Media 42-30.

Sementara itu Ketua Panpel Ibbamnas 2016 Erly Bahtiar dalam keterangannya mengatakan, format waktu itu pastinya menguras stamina para tim yang lolos ke perempat final. Pasalnya, waktu akan berhenti saat terjadi free throw dan time out. Belum lagi mereka bermain dalam tiga pertandingan beruntun. 

"Stamina para peserta pasti akan turun dan disinilah diperlukan strategi pelatih dan kekompakan tim untuk terus bermain," kata Erly. Dia menambahkan, yang bermain di babak semifinal hingga final adalah tim tangguh yang punya persiapan fisik yang mumpuni, mental bertanding yang konsisten serta pola permainan terbaik dari pelatihnya.

Sementara itu babak semifinal lainnya baru diisi Berita Satu Media Holding yang mampu menjaga laju positifnya dengan mengalahkan Metro Group 46-32. Berita Satu menghadapi Kompas TV yang sebelumnya menang atas Trans 7 dengan skor 35-25.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi mengapreasi dengan kembali bergulirnya ajang Ibbamnas 2016. Ajang bola basket ini dimainkan pada 11-16 April diselenggarakan oleh Jurnalis Suka Olahraga (Jusraga) dan sudah 10 kali digelar.

"Saya menyambut positif gelaran ini mengingat para peserta bukan hanya bermain basket, tetapi juga mempererat persahabatan, persaudaraan antar para jurnalis. Saya rasa, ajang ini akan terus didukung oleh Kemenpora dan akan dijadikan ajang rutin setiap tahunnya," ujar Imam dalam sambutannya, Senin. 

Lebih jauh Imam menambahkan, ia berharap agar para jurnalis senantiasa menyediakan waktu untuk berolahraga disela-sela pekerjaannya. Sebab, menjaga kesehatan sangat diperlukan seiring rutinitas kerja para jurnalis yang sangat dinamis tentunya. 

"Kemenpora sangat peduli dengan olahraga dan para wartawan. Sebaiknya mereka pun menjaga kualitas kesehatan secara maksimal demi menunjang pekerjaannya," imbuh mantan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Hasil Perempat Final, Kamis (14/4).
RTV vs Mahaka Media 42-30
Tempo Group vs SCTV Emtek 6-50
Berita Satu Media Holding vs Metro Group 46-32
Kompas TV vs Trans 7 35-25

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016