Jumat, 18 Agustus 2017

Ahok beberkan pandangan Jokowi soal reklamasi

| 7.066 Views
Ahok beberkan pandangan Jokowi soal reklamasi
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Yang penting jangan merusak lingkungan, kata presiden
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok mengatakan Presiden Joko Widodo berpandangan reklamasi boleh dilakukan, asal tidak merusak lingkungan.

"Saya kira secara prinsip presiden pernah jadi gubernur, bagi presiden reklamasi tidak ada yang salah, seluruh dunia ada reklamasi. Yang penting jangan merusak lingkungan, kata presiden," terang Ahok di Jakarta, Jumat.

Kedua, kata Ahok mengutip kalimat Jokowi, reklamasi jangan menyebabkan banjir dan memiliki porsi biaya tambahan.

"Presiden Jokowi saat menjadi gubernur dan saya menjadi wagub sudah pernah ribut sama pengembang. Pengembang saat itu menawarkan sejuta permeternya, ya enggak bisa dong kita harus bicara berapa persen dari NJOP," kata Ahok.

DPRD DKI Jakarta sendiri sudah memutuskan menghentikan pembahasan dua Raperda reklamasi di kawasan pantai utara Jakarta.

Kedua Raperda itu adalah Raperda Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta serta Raperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (ZWP3K).

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman mengatakan penghentian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang reklamasi dihentikan karena terkait keamanan Jakarta sebagai ibu kota negara.

"Penghentian pembahasan raperda terkait reklamasi oleh dewan karena soal draf bagian keempat yakni Kawasan Strategis Nasional Tertentu pada pasal 33. Tidak bisa itu dikatakan kawasan strategis nasional tertentu karena Jakarta ibu kota negara," kata Prabowo, kemarin.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga