Jangan sampai opini negatif menutupi banyak kontribusi BUMN yang dipersembahkan kepada bangsa,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Tenaga kehumasan Badan Usaha Milik Negara harus meningkatkan kemampuan komunikasi publik yang baik untuk memperkuat citra positif kinerja perusahaann di masyarakat, kata Staf Ahli Bidang Komunikasi Strategis dan Hubungan Industrial Kementerian BUMN Hambra.

"Jangan sampai opini negatif menutupi banyak kontribusi BUMN yang dipersembahkan kepada bangsa," kata Hambra dalam Pembukan Musyawarah Nasional Forum Humas BUMN 2016 di Dalem Wironegaran, Yogyakarta, Jumat.

Menurut Hambra, sejarah pembentukan Forum Humas BUMN, antara lain untuk memperkuat kompetensi humas BUMN dengan memunculkan informasi yang berimbang mengenai kinerja BUMN. "Pada awal dulu banyak informasi yang hanya menyoroti tentang sisi negatif BUMN, meskipun jika ditelusuri belum jelas faktanya," kata dia.

Oleh sebab itu, Hambra berharap dalam Musyawarah Nasional Forum Humas BUMN ke-10 tersebut dapat memunculkan pengurus baru yang mampu meningkatkan program peningkatan kompetensi humas BUMN untuk membangun opini publik.

Ketua Presidium Forum Humas BUMN Purwanto mengatakan selama kepengurusannya telah intensif dimunculkan program-program pelatihan untuk memperbarui pengetahuan humas BUMN menyampaikan informasi yang tepat kepada publik.

Meski demikian dalam kepengurusan yang baru mendatang diharapkan mampu meningkatkan program tersebut dengan memperbaiki hubungan dengan insan media, katanya.

"Sebagai corong negara, humas BUMN harus mampu menempatkan diri dalam mengeluarkan informasi kepada publik," kata dia.

Musyawarah Nasional Forum Humas BUMN yang berlangsung mulai 15-17 April 2016 di Yogyakarta meliputi agenda pengesahan amendemen Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga FH BUMN, pengesahan program kerja tahunan, dan pemilihan Ketua Umum FH BUMN.

Selain itu akan dilakukan pemilihan ketua baru dari tiga kandidat yang telah ditetapkan. Tiga calon Ketua Umum FH BUMN tersebut, yaitu Pujo Suwarno Corporate Secretary PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (Persero), Ahmad Reza Corporate Communication Head PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Muhammad Eriansyah Corporate Secretary PT Pelindo I (Persero).

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016