Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Mahyudin mengatakan bahwa Pancasila sebagai salah satu dari unsur Empat Pilar MPR, merupakan alat perekat bangsa.

"Pancasila adalah alat perekat bangsa dan memahami sejarah dan makna simbol serta lambang negara, maka akan tumbuh penghormatan," kata Mahyudin dalam sosialisasi Empat Pilar di Pamekasan, Madura, seperti dilansir keterangan tertulis MPR, Jumat.

Namun Mahyudin menyayangkan saat ini makna Pancasila di kalangan generasi muda sudah mulai pudar yang menimbulkan banyak masalah di negeri ini.

"Dan kurangnya keteladanan dari pemimpin dan tokoh bangsa, hukum tidak berjalan secara optimal, pengaruh global cukup besar dan peredaran narkoba semakin merajalela," kata politisi Partai Golkar itu.

Mahyudin mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersemangat melakukan kegiatan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa kepada mahasiswa sebagai generasi penerus.

Pemahaman kepada mahasiswa menurutnya sangat efektif, karena jika para mahasiswa ini memahami betul nilai-nilai luhur bangsa, maka mereka akan bijak jika kelak menjadi seorang pemimpin.

Mahyudin menjelaskan bahwa sosialisasi Empat Pilar harus dilakukan bersama-sama secara gotong-royong. Tidak hanya MPR, tetapi juga semua elemen masyarakat termasuk pemerintah.

Mahyudin menyampaikan, pada acara pertemuan konsultasi antar lembaga yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan baru-baru ini, Pimpinan MPR RI sudah menyampaikan usulan ini kepada Presiden Joko Widodo.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016