Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 4,2 juta cuitan dari pengguna Twitter di seluruh dunia menyebut tentang pertandingan terakhir dari 20 tahun karir gemerlap Kobe Bryant di NBA.

Berdasarkan data dari media sosial populer itu yang diterima di Jakarta, Jumat, puncak percakapan terjadi pada pukul 21.56 waktu setempat dengan 100.000 cuitan per menit.

Akun NBA Indonesia misalnya, mencuit berterima kasih atas 20 tahun kiprah gemilang Kobe Bryant di NBA.

Fans-fans NBA dari Indonesia juga menyampaikan terima kasih kepada Kobe karena telah menjadi inspirasi selama kariernya di Lakers.

"Hari ini game terakhir Kobe di NBA. The Legend of our generation. Thank you, Kobe!" cuit akun @daraprayoga_.

Sebagian besar pengguna Twitter menggunakan tanda pagar #ThankYouKobe dan #MambaDay dalam pujian dan apresiasi yang ditujukan kepada pemain berusia 37 tahun itu.

Untuk mengapresiasi pemain yang membantu timnya meraih kemenangan 101-96 atas Utah Jazz pada pertandingan perpisahan itu, Twitter juga merilis emoji khusus setiap kali pengguna menggunakan tagar #MambaDay.

Kobe Bryant mengakhiri pertandingan pada Rabu dengan 60 angka dari 22 keberhasilan dari 50 tembakan. Ia disambut dengan meriah oleh para penggemar sebelum membalas deficit 15 angka semua dari tengah lapangan saat pergantian babak dan mendorong Lakers bangkit.

"Saya mengapresiasi perjalanan yang telah kami lakukan, ada saat-saat naik dan turun namun bagian terpenting adalah kami semua tetap bersama-sama melaluinya," ujar dia usai laga terakhirnya.

Bryant telah mengokohkan tempatnya di antara para pemain terhebat NBA, dengan karir yang juga mencakup gelar-gelar dalam perolehan angka, perolehan angka terbanyak peringkat ketiga sepanjang sejarah liga dan pemain terbaik liga (MVP) pada 2008.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016