Shanghai (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Formula 1 Nico Rosberg meraih posisi start terdepan untuk Grand Prix China pada sesi kualifikasi campuran pada Sabtu untuk Mercedes, di mana juara bertahan Lewis Hamilton berada di belakang grid setelah kegagalan mesin menggagalkan ia mencatatkan waktu.

Pebalap Jerman ini menorehkan waktu 1 menit 35,402 detik untuk mengamankan posisi start terdepan ke-23 sepanjang karirnya ketika kualifikasi kembali menggunakan sistem 2015, menyusul keluhan-keluhan mengenai format baru yang digunakan pada dua balapan pembukaan, lapor Reuters.

Meski terdapat pemangkasan dan perubahan format, balapan Minggu akan menjadi balapan kesembilan secara beruntun bagi Mercedes, di mana mereka menghuni posisi start terdepan.

Hal ini membawa pebalap Jerman tersebut, yang terakhir kali start dari posisi terdepan pada Grand Prix penutup musim di Abu Dhabi pada 2015, unggul lebih dari separuh detik atas pebalap Red Bull Daniel Ricciardo, yang secara mengejutkan akan start dari posisi kedua.

Namun meski marjin yang ada memperlihatkan dominasinya, ini merupakan hari penuh kontras bagi Mercedes, di mana Hamilton mendapat masalah-masalah mesin pada fase pembukaan kualifikasi.

Pebalap Britania itu, yang telah mendapat penalti lima grid karena mengganti gearbox, mengeluhkan kurangnya tenaga dari mesin Mercedesnya.

Meski ia nyaris mendekati akhir pada sesi selama 18 menit, masalah yang ada terlalu parah dan memaksanya kembali ke pit.

"Hal-hal ini dikirim untuk menguji kami dan saya yakin kami akan belajar dari sana," kata Hamilton, yang berharap dapat meraih kemenangan beruntun ketiga di Shanghai pada balapan Minggu, kepada lembaga penyiaran tidak lama setelah sesi itu selesai.

"Mobilnya cepat, mudah-mudahan mereka dapat memperbaiki masalah ini dan kami dapat membalap besok."

Kimi Raikkonen menduduki posisi start ketiga untuk Ferrari, dan Sebastian Vettel akan start dari posisi keempat, untuk melengkapi dominasi Ferrari di baris kedua.

Tim yang bermarkas di Maranello ini telah mencatatkan kecepatan di semua sesi kecuali pada sesi latihan Jumat pagi, namun upaya mereka menemui hambatan ketika terdapat beberapa insiden selama kualifikasi.

Sesi itu dimulai dengan kondisi basah dan harus dihentikan sebanyak dua kali.

Perhentian pertama terjadi selama 20 menit ketika para petugas berusaha mengeringkan jalur-jalur yang basah di trek, setelah pebalap rookie dari Manor Pascal Wehrlein mengalami kecelakaan pada sesi pembukaan, sedangkan perhentian kedua terjadi ketika roda kiri belakang mobil Nico Hulkenberg copot dari mobil Force Indianya.
(Uu.H-RF/T004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016