Quito (ANTARA News) - Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi yang memporak-porandakan dan mengguncang Ekuador telah naik jadi 246 sementara korban cedera 2.527, kata Wakil Presiden Jorge Glas --yang berbicara di Kota Pedernales-- pada Minggu (17/4).

Dalam satu taklimat yang disiarkan langsung oleh televisi pada hari itu, Glas mengatakan prioritasnya ialah melanjutkan pencarian penyintas yang terjebak di bawah reruntuhan dan membantu korban cedera akibat gempa pada Sabtu. Gempa tersebut telah memicu sedikitnya 189 gempa susulan dengan bermacam kekuatan.

Ekuador, yang telah mengumumkan keadaan darurat di enam provinsi, telah mengerahkan 14.000 personel militer dan keamanan masyarakat ke daerah yang terpengaruh gempa.

Pada Minggu siang, 20 jam setelah gempa mengguncang, seorang anak perempuan diselamatkan dalam keadaan hidup dari bawah reruntuhan bangunan di Kota Kecil Pedernales, salah satu kota yang paling terpengaruh oleh gempa.

Ayah anak perempuan itu, Emanuel Sisa, mengatakan itu berarti empat anggota keluarganya telah diselamatkan tapi lima orang lagi meninggal, demikian laporan Xinhua, Senin pagi.

Pada Minggu, Glas mengunjungi Kota Besar Manta, Pedernales, dan Portoviejo, yang terpengaruh gempa di Provinsi Manabi di bagian timur-laut negeri tersebut --yang sulit dicapai akibat rusaknya jalan raya.

"Kami menghadapi kesulitan logistik, kata Glas, yang menyatakan tim pertolongan khusus telah sampai ke zona yang paling parah dilanda gempa untuk mengirim pasokan dan tekonologi.

Di kota terbesar di Ekuador, Guayaquil --yang menghadapi banyak korban jiwa dan kerusakan prasarana, pusat operasi ialah membuka kembali kegiatan di pembangkit energi dan kilang.

Kota itu juga memiliki delapan tempat penampungan kota praja sebagai zona aman agar orang bisa berkumpul, kalau gempa kuat mengguncang lagi.

Bantuan kemanusiaan internasional juga mulai berdatangan, dan AS serta Meksiko mengirim beberapa tim, dan masyarakat Ekuador di Spanyol mulai bergerak untuk mengirim sumbangan ke tanah air mereka.

Pemerintah telah mengalokasikan tak kurang dari 300 juta dolar AS bagi upaya pertolongan dan pembangunan kembali wilayah diguncang gempa di Ekuador.

Gempa bumi dengan kekuatan 7,8 pada Skala Richter mengguncang Ekuador pada Sabtu pukul 18.58 waktu setempat (Minggu, 06.58 WIB) dengan pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer di pantai bagian barat-laut negeri tersebut.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016