Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR, Zulkifli Hasan, menyoroti kesenjangan antara si kaya dan miskin setelah reformasi ini. Dia mengingatkan tanggung jawab kepala daerah untuk menangani perbedaan yang cukup tajam itu.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebutkan, tugas kepala daerah selayaknya melayani rakyat agar tercipta keadilan sosial. Dia juga berpesan agar kepala daerah tidak menciderai kampanye yang sudah dilakukan dalam Pilkada sebelumnya.

Hal ini dia katakan saat melakukan kunjungan kerja di Pangkal Pinang, seperti tertulis dalam keterangan tertulis MPR, Senin.

Selain itu, dia juga mendorong agar para wakil rakyat turun ke desa-desa, untuk menjaring aspirasi rakyat dan menyampaikannya pada kepala daerah.

Dia juga mengatakan, kemerdekaan merupakan gerbang emas untuk menuju Indonesia sebagai bangsa yang bersatu, berdaulat, adil, seperti yang tercantum dalam Sila V Pancasila. Prinsip itu menurutnya harus diwujudkan dalam kebersamaan dan demokrasi.

Menurut dia, semua orang bisa berhak menjadi kepala daerah, presiden, dan kepala lembaga negara lainnya. Diungkapkan di masa Orde Baru tak bisa setiap orang jadi kepala daerah.

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016