Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyarankan masyarakat mendukung kepala daerah yang memiliki wawasan kebangsaan, teruji dan bisa memajukan daerahnya.

"Dalam mendukung salah satu calon kepala daerah, masyarakat harus bekerja keras. Jangan beli putus," ujar Zulkifli saat melakukan kunjungan kerja ke Pangkal Pinang, Bangka Belitung, seperti dalam keterangan tertulis MPR, Senin.

Secara khusus dia memandang penting terselenggaranya pemilihan kepala daerah (pilkada). Dengan pilkada, maka kepala daerah terpilih bisa melakukan pembangunan daerah selanjutnya.

Meski demikian, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengakui bahwa demokrasi langsung Pilkada yang saat ini berlangsung sangat mahal. Untuk menjadi gubernur, lanjut dia, ada yang menyebut harus mengeluarkan Rp100 miliar. Demokrasi yang demikian menurut Zulkifli hanya akan menguntungkan kaum pemodal atau elite.

Untuk itu, demokrasi harus mempunyai norma yang tegas. Tak hanya itu, Indonesia harus mempunyai haluan negara agar dampak buruk dari demokrasi bisa dihilangkan.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016