Bengkulu (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Nila Moeloek dijadwalkan menghadiri peringatan Hari Malaria Sedunia yang digelar di Desa Bukit Peninjauan Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu pada 25 April 2016.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Seluma, Hendarsyah saat dihubungi dari Bengkulu Selasa mengatakan persiapan agenda nasional guna menekan dan mengeliminasi angka malaria di Bengkulu itu sudah optimal.

"Kami harapkan tidak ada perubahan rencana, di mana Ibu Menteri Kesehatan dijadwalkan menghadiri peringatan Hari Malaria Sedunia di Seluma," kata Hendarsyah.

Menurut dia, serangkaian kegiatan pada peringatan Hari Malaria Sedunia itu dipersiapkan oleh Pemkab Seluma bersama Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Selain upacara bersama, akan dilakukan deklarasi oleh pemerintah kabupaten dan kota yakni komitmen mengeliminasi malaria yang kasusnya masih tinggi di Bengkulu.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Amin Kurnia mengatakan angka kasus malaria di Provinsi Bengkulu masih tergolong tinggi, karena itu Bengkulu ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

Selain deklarasi para kepala daerah untuk mengeliminasi malaria, kegiatan tersebut juga diisi penyuluhan tentang penyakit malaria, pembagian kelambu kepada warga setempat.

"Nanti ada juga dialog lewat video conference dengan empat kepala daerah provinsi endemik malaria," kata Amin.

Rangkaian kunjungan kerja Menkes menurut dia akan ditutup dengan peluncuran program ibu hamil berisiko di Poltekkes Kementerian Kesehatan.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016