Hasil pertemuan Presiden Jokowi dan PM David Cameron antara lain ada penandatanganan kesepakatan antara Garuda dan Roll Roys senilai satu miliar pondsterling,"
London (ANTARA News) - PT Garuda Indonesia dan pabrik mesin pesawat Roll Roys menyepakati perjanjian kerja sama senilai satu miliar pondsterling dalam pertemuan di London Inggris, Selasa.

"Hasil pertemuan Presiden Jokowi dan PM David Cameron antara lain ada penandatanganan kesepakatan antara Garuda dan Roll Roys senilai satu miliar pondsterling," kata Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di London, Selasa.

Moazzam mengatakan hal itu usai mengikuti pertemuan Presiden Jokowi dan PM Inggris di Kantor PM Inggris di London.

Ia menyebutkan Garuda akan membeli 14 pesawat baru yang sebagian dibuat di Inggris dan sebagian dibuat di negara Eropa lainnya.

"Pesawat menggunakan mesin roll roys yang dibuat di Inggris," katanya.

Menurut Moazzam juga terdapat kesepakatan Garuda dan Roll Roys dimana Garuda akan mengirimkan mekanik dan teknisinya untuk berlatih di Roll Roys.

Dubes menyebutkan dalam petemuan Jokowi dan PM Cameron ada dua hal penting yaitu memperkuat hubungan kerja sama dan kesepakatan bisnis Garuda-Roll Roys itu.

"Harapan kami jumlah kesepakatan yang ditandatangani di London lebih besar dari negara lain," katanya.

Ia menyebutkan selain isu bisnis, pertemuan dua kepala pemerintahan juga membahas isu ektrimisme.

"Cameron mengundang Indonesia dan Jokowi untuk memainkan peran lebih besar di dunia internasional untuk berbagi pengalaman dalam mengendalikan risiko terkait radikalisme," katanya.

Ia mengharapkan v olume perdagngan kedua negara dan investasi akan terus meningkat.

"Ke depan diharapkan ada peningkatan kerja sama bidang maritim, industri kreatif dan aerospace, karena Inggris banyak perusahan yang mampu memproduksinya," katanya.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016