Mempunyai pebalap potensial, Manor perlu berusaha maksimum agar Rio menyelesaikan 21 race. Itu tanggung jawab Manor."
Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina meminta Tim Manor Racing mendukung pebalap Formula 1 Rio Haryanto menyelesaikan 21 laga selama musim 2016 meski belum memenuhi pembayaran dana sebesar 15 juta euro.

"Kami menjajaki komunikasi denga Tim Manor agar Rio menyelesaikan 21 laga. Jangan ada kendala, kita mendukung Rio bisa selesai 21 laga," ujar Vice President Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro di Jakarta, Selasa malam.

Rio, ujar dia, memerlukan kepastian dapat berlaga penuh agar lebih fokus pada pertandingan.

Ia berharap Manor akan mempertimbangkan prestasi Rio Haryanto yang dapat mempertahankan posisi dan tampil maksimal pada setiap balapan yang dilakukan.

"Mempunyai pebalap potensial, Manor perlu berusaha maksimum agar Rio menyelesaikan 21 race. Itu tanggung jawab Manor," tutur Wianda.

Apalagi, komentar Tim Manor atas performa Rio dalam tiga laga menunjukan rasa senang dengan capaian Rio.

Pertamina juga berharap adanya tambahan dana dari Kemenpora dan lembaga negara lainnya, misalnya dengan metode pengumpulan dana melalui SMS menjadi pertimbangan Manor.

Selain itu, berdasarkan informasi ahli di bidang F1 yang dihimpun Pertamina, ujar Wianda, dana yang telah dan akan dibayarkan Rio cukup untuk 21 laga.

Pertamina juga meminta Manor tidak hanya melihat masalah finansial, tetapi juga melakukan pembinaan kepada pebalap "rookie".

Ia memastikan Pertamina masih pada komitmen awal untuk membayar sebesar lima juta euro.

"Aspirasi bisa selesai semua race. Masalah kontrak masih berkembang, kami berharap itu bukan harga mati," kata Wianda.

Pewarta: Dyah Dwi A
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016