Beirut (ANTARA News) - Para militan ISIS merebut kota Deir al-Zor yang berada di Suriah Timur dari tangan pemerintah Suriah yang sebelumnya menguasai kota ini.

ISIS mengendalikan sepenuhnya distrik industri di kota ini setelah pecah pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah Suriah dan sekutu-sekutunya, kata Observatorium HAM Suriah seperti dikutip Reuters.

ISIS menguasai hampir seluruh Provinsi Deir al-Zor yang berbatasan dengan Irak, setelah menguasai kota Mosul di Irak pada 2014.

Pemerintah Suriah masih mengendalikan beberapa bagian kota Deir al-Zor yang dikepung para laskar ISIS.

Lima serangan udara dan pemboman menghujam medan pertempuran yang sudah bergerak ke arah selatan ke sebuah pangkalan udara militer di kota itu, lapor Observatorium.

Kantor berita Amaq milik ISIS juga mengungkapkan bahwa ISIS telah mengambilalih posisi-posisi yang sebelumnya dikuasai pemerintah Suriah dan terus menekan sampai ke arah selatan menuju distrik berikutnya.

Sebaliknya kantor berita Suriah SANA menyatakan pasukan Suriah telah menghancurkan beberapa basis ISIS di kawasan industri itu, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016