Kita sungguh amat terkejut
New York (ANTARA News) - Bakal calon presiden AS terkuat Partai Republik Donald Trump dengan mudah memenangi pemilihan pendahuluan di negara bagian New York sehingga semakin dekat untuk dinyatakan sebagai calon presiden dari Republik.

Kemenangan ini membuatnya mendapat jumlah delegasi yang kian dekat untuk memastikannya menjadi calon presiden sehingga menghindari kontestasi pada konvensi nasional Juli nanti.

Bakal calon presiden AS terkuat Partai Demokrat Hillary Clinton juga memenangi New York sehingga mengubur momentum pesaingnya Bernie Sanders untuk semakin dekat menjadi calon presiden dari partai ini.

Kemenangan Trump di negara bagian tempat asalnya ini membuatnya semakin mendekati syarat 1.237 delegasi untuk bisa dinobatkan sebagai calon presiden dari Republik.

Kemenangan Trump dan Hillary di salah satu negara bagian terbesar ini menjadi landasan untuk memenangkan pemilihan pendahuluan Selasa pekan depan di lima negara bagian Amerika Serikat Timur Laut.

Trump memenangkan 60 persen suara dukungan, jauh melampaui pesaingnya Senator Ted Cruz dan Gubernur Ohio John Kasich yang sekaligus membuatnya memenangkan semua dari 95 delegasi di negara bagian ini.

Trump dianggap memenangkan semua suara delegasi jika menang suara di atas 50 persen di setiap negara bagian dan distrik.

"Kita tidak lagi menghadapi pacuan berdasarkan apa yang saya saksikan di televisi. Kita sungguh amat terkejut," kata Trump di hadapan para pendukungnya di Trump Tower di Manhattan.

Trump masuk ke primary New York dengan sudah mengantongi 756 delegasi, sedangkan Cruz berbekal 559 delegasi dan Kasich 144 delegasi.

Trump mengatakan kemenangannya itu membuat Cruz secara matematis mustahil memenangkan nominasi Republik pada putaran pertama di konvensi nasional partai Republik Juli nanti.

Cruz, Kasich dan kelompok kemapanan dalam Republik terus mencegah Trump menang pada pemilihan tahap pertama konvensi Juli.  Jika Trump tidak mendapatkan jumlah delegasi yang cukup untuk memenangkan putaran pertama Konvensi 18-21 Juli di Cleveland, maka para delegasi akan mengalihkan suara ke kandidat lain.

Sementara itu Hillary sudah berselisih jauh 244 delegasi dari Sanders. Hillary membutuhkan 2.383 delegasi untuk dinominasikan Partai Demokrat, demikian Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016