Jakarta (ANTARA News) - Tim Thomas Indonesia optimistis untuk meraih poin dari sektor tunggal dalam turnamen final Piala Thomas-Uber 2016 di Kunshan, Tiongkok, pada 15-22 Mei mendatang.

"Dari tiga pemain saya, saya menargetkan satu poin. Tiga atlet saya itu selain Tommy Sugiarto," ujar kepala pelatih tunggal putra pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Hendry Saputra kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Tim Thomas Indonesia terdiri dari empat atlet tunggal putra dan tiga pasang atlet ganda. Tiga atlet itu adalah Tommy Sugiarto, Ihsan Maulana Mustofa, Jonatan Christie, dan Anthony Sinisuka Ginting.

Kemudian, tiga pasang atlet ganda putra tim Thomas yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Hendry mengatakan penetapan atlet yang akan turun dalam setiap pertandingan pada Piala Thomas berdasarkan peringkat pemain dan penentuan akhir menyesuaikan strategi tim.

"Kami harus optimistis siapapun lawan kami nanti. Kami juga harus belajar dari kekalahan pada turnamen kualifikasi Piala Thomas di India," ujar Hendry tentang kekuatan tim-tim lawan.

Sementara, kepala pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi mengatakan tim Thomas Indonesia belum melakukan persiapan khusus karena para atlet akan berlaga pada turnamen Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2016.

"Kami sudah punya gambaran tentang kekuatan lawan karena sudah pernah bertanding pada turnamen kualifikasi di India. Pada sektor ganda, kekuatan Indonesia sedikit di atas lawan di grup B," ujar Herry.

Herry mengakui kemenangan tim Thomas Indonesia pada turnamen kualifikasi di India menjadi bekal kepercayaan diri para pemain meskipun tim Thomas Tiongkok tidak menurunkan pemain-pemain terbaik di India.

Pada turnamen final Piala Thomas 2016, Indonesia berada satu grup dengan tiga tim lain yaitu India, Thailand, dan Hong Kong pada grup B.

Laga penyisihan grup akan berlangsung pada Minggu (15/5) hingga Rabu (18/5). Kemudian, putaran perempat final hingga final akan berlangsung pada Kamis (19/5) hingga Minggu (22/5).

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016