Kementerian ESDM memprioritaskan pembangunan prasarana ketenagalistrikan di wilayah Indonesia Timur yang meliputi enam provinsi yakni NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat."
Sorong (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pemerintah pusat fokus membangun prasarana ketenagalistrikan di kampung-kampung Provinsi Papua dan Papua Barat agar terwujud Program Indonesia Terang (PIT).

"Kementerian ESDM memprioritaskan pembangunan prasarana ketenagalistrikan di wilayah Indonesia Timur yang meliputi enam provinsi yakni NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat," kata Menteri ESDM Sudirman Said saat peluncuran Program Indonesia Terang di Kabupaten Maybrat, Rabu (21/4)

Dia mengatakan, anggaran program Indonesia terang bagi enam provinsi Indonesia timur itu sebagian besar disalurkan ke Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Kami targetkan lima tahun kedepan prasarana ketenagalistrikan di Provinsi Papua dan Papua Barat memadai sehingga masyarakat di kampung-kampung dapat menikmati listrik 24 jam," ungkapnya.

Menurut dia, apabila seluruh kampung di Papua dan Papua Barat dialiri listrik 24 jam, maka sudah pasti masyarakat akan melakukan berbagai usaha di bidang ekonomi guna meningkatkan pendapatan mereka.

Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Irene Manibuy yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa sebagian besar masyarakat kampung di wilayah Papua Barat belum menikmati listrik 24 jam.

Oleh karena itu, kata Dia, Pemerintah Provinsi Papua Barat mendukung penuh program Indonesia terang yang dicanangkan Presiden Jokowi melalui Kementerian ESDM.

"Kami berharap program Indonesia terang berjalan dengan baik sehingga lima tahun kedepan seluruh kabupaten di Papua Barat dapat dialiri listrik 24 jam,"ujarnya.

Pewarta: Ernes B Kakisina
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016