Rio de Janeiro (ANTARA News) - Mantan juara Inggris Terbuka Louis Oosthuizen menjadi pegolf top ketiga yang mundur dari ajang Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro, karena masalah keluarga dan jadwal.

Mundurnya pegolf Afrika Selatan Oosthuizen itu mengikuti jejak dua pegolf top yang telah menyatakan mundur sebelumnya yaitu mantan pegolf nomor satu dunia Vijay Singh dan juara Masters 2013 asal Australia Adam Scott.

"Saya selalu mewakili Afrika Selatan dengan bangga, namun tidak melakukan keputusan saya itu tanpa kesepakatan besar," kata pemenang Inggris Terbuka 2010 Oosthuizen seperti dikutip Reuters.

"Saya berharap kepada pada pegolf kami dan seluruh atlet yang berkompetisi di Brasil akan meraih sukses besar," tambahnya.

Menurut pengelolanya, pegolf yang kini menduduki peringkat 12 dunia Oosthuizen telah menyampaikan keputusannya itu kepada Komite Olimpiade Afrika Selatan "setelah mempertimbangkan masalah keluarga dan masalah jadwal".

Keputusan yang diambil oleh Oosthuizen, Scott dan Singh itu cukup mengecewakan federasi golf internasional (IGF).

"IGF mengerti atas tantangan yang dihadapi para pemain sehubungan dengan jadwal kompetisi musim panas ini dan ini cukup mengecewakan melihat beberapa pegolf hebat mundur dari olimpiade tahun ini," kata presiden IGF Pete Dawson.

"Olimpiade adalah perayaan olah raga terbesar dunia dan sungguh menyenangkan bisa melihat golf dipertandingkan kembali di olimpiade," tambahnya.

Singh, pemenang kejuaraan utama tiga kali itu pekan lalu mengumumkan bahwa virus Zika menjadi alasan utama mengapa dirinya mundur dari olimpiade Rio.

"Saya ingin bermain di olimpiade, tapi virus Zika, anda tahu....," kata Singh (53).

"Saya merasa tidak enak, saya ingin bermain tapi akhinya memutuskan lagi itu," tambahnya.

(Uu.A020) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016