Jakarta (ANTARA News) - Superstar musik Prince meninggal dunia Kamis waktu setempat di kompleks yang menjadi studio rekaman merangkap rumahnya di Minneapolis pada usia 57 tahun.

Kematiannya mengguncang dunia musik yang sangat dipengaruhi oleh lagu-lagu hitsnya yang laris manis, bakatnya dalam menulis lagu dan penampilan panggungnya yang dinamis.

Berikut daftar warisan besar Prince seperti dikutip Reuters:

'PURPLE RAIN'
Album paling laris Prince ini dirilis pada 1984 untuk mengiringi film semiotobiografinya dengan judul sama dengan album itu yang dibintangi dirinya sendiri dengan memerankan seorang penyanyi "The Kid" yang memulai ketenarannya dari panggung musik Minneapolis. Dia mendapatkan anugerah Academy Award untuk musik orisinal terbaik.
Menurut Recording Industry Association of America, album dengan nama yang sama bertahan selama 24 pekan berturut-turut di puncak tangga musik Billboard dan diperingkat sebagai salah satu penghuni 40 album top sepanjang masa di AS dengan penjualan 13 juta unit.
Selain menjadi nomor dua dalam daftar AS, album ini melesatkan tiga single-nya --"When Doves Cry", "Let's Go Crazy" dan "I Would Die 4 U" menjadi nomor satu di AS.
Prince, yang turut menulis semua lagu dalam album itu memenangi dua Grammy Award berkat album ini.

'1999'
Dirilis dua tahun sebelum "Purple Rain," "1999" adalah album pendobrak Prince dan menjadi album pertama yang menampilkan band pengiringnya saat itu, The Revolution. Juga dianggap sangat berpengaruh, "1999" sukses terjual lebih dari 4 juta kopi di AS dan melahirkan single hitnya, "Little Red Corvette".

'PARADE'
Album terakhir Prince ciptakan bersama The Revolution ini menjadi soundtrack film produksi 1986 berjudul "Under the Cherry Moon" --yang disutradarai dan diperankan Prince-- serta disanjung sebagai salah satu rilis terbaik tahun itu. Album ini juga berisi hit terbesarnya, "Kiss".

PENJUALAN
Menurut Recording Industry Association of America, Prince telah menjual lebih dari 36 juta album di Amerika Serikat selama karirnya.

PENGHARGAAN
Prince menyabet tujuh Grammy Award dan 37 kali menjadi nomine. Di antara tujuh Grammy yang dimenanginya adalah album soundtrack terbaik berkat album "Purple Rain" yang diproduksi pada 1984, menjadi penyanyi R&B terbaik berkat lagu "Future Baby Mama" dari album rilisan 2007 "Planet Earth."
Film "Purple Rain" memenangi Oscar untuk Musik Orisinil Terbaik.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016