... mengacu pada kualitas pelayanan yang berhasil ditingkatkan setiap tahun...
Kuta, Bali (ANTARA News) - Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, menerima dua penghargaan bergengsi dari Dewan Bandara Internasional (International Airport Council/ACI), yakni Bandara Paling Dikembangkan 2015 dan Bandara Dengan Pelayanan Terbaik Ketiga di Dunia 2015. 

"Penganugerahan ini mengacu pada kualitas pelayanan yang berhasil ditingkatkan setiap tahun," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Trikora Harjo, di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat.

Dua penghargaan itu diserahkan Direktur Jenderal ACI, Angela Gittens, kepada Harjo saat pelaksanan konferensi yang digelar organisasi pemerhati bandara internasional itu di Gold Coast, Australia pada 18-20 April 2016.

Menurut Harjo, nilai pelayanan yang peroleh bandara itu pada 2012 mencapai 2,95 dan 2015, nilai yang diperoleh meningkat mencapai 60,7.

Selain memeroleh penghargaan bagi bandara yang maju pesat dalam memberikan pelayanan kepada penumpang, Bandara Internasional Ngurah Rai juga memeroleh penghargaan sebagai Bandara Terbaik Ketiga di kawasan Asia Pasifik untuk kategori bandara dengan pemakai jasa 15-25 juta orang pertahun.

Peringkat pertama ditempati Bandara Internasional Gimpo di Seoul, Korea Selatan, dan peringkat kedua ditempati Bandara Internasional Wuhan Tianhe, China.

Penghargaan itu berdasarkan penilaian yang didapatkan dari survei yang dilakukan Airport Council International (ACI) dalam hal kualitas pelayanan bandara (ASQ) selama 2015.

Kepuasan itu berdasarkan survei kepada 550.000 pemakai jasa penerbangan dari 320 bandara internasional di 80 negara.

Adapun kategori penilaian meliputi akses menuju bandara, fasilitas lapor diri, kelengkapan dan kebersihan toilet, keamanan bandara serta fasilitas penunjang pelayanan di bandara seperti ketersediaan toko yang menjual makanan dan minuman.

Penghargaan bergengsi tingkat dunia itu dilakukan di Asia-Pasifik, Amerika, dan Afrika.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016