Beirut (ANTARA News) - Kelompok bersenjata ISIS menangkap seorang pilot pesawat tempur Suriah yang jatuh di tenggara Damaskus, Jumat, kata kantor berita yang berafiliasi dengan milisi itu seperti dikutip Reuters.

"Pilot bernama Azzam Eid yang berasal dari Hama itu ditangkap setelah ia jatuh dengan parasut di dekat lokasi tempat pesawatnya jatuh di sebelah timur Damaskus," kata kantor berita Amaq.

Mengutip sumber militer Suriah, kantor berita Rusia Interfax mengatakan, pesawat itu milik Angkatan Udara Suriah dan jatuh karena kesalahan teknis.

"Jatuh karena kesalahan teknis. Pilot pesawat berhasil keluar," kata Interfax mengutip sumber.

Interfax mengatakan pesawat itu jenis Mig-23.

Video yang dibagikan jaringan Amaq memperlihatkan pesawat itu ditembak jatuh oleh kelompok milisi pada Jumat.

Rekaman itu menunjukkan para petempur ISIS mengelilingi reruntuhan pesawat yang terbakar, sebagian dari reruntuhan itu bergambar bendera Suriah.

Jumat kemarin ISIS mengatakan pesawat perang Suriah telah ditembak jatuh, tetapi tidak secara khusus menyatakan bertanggung jawab.

Observatorium HAM Suriah mengatakan pesawat itu jatuh di kawasan pedesaan tenggara Damaskus setelah terbang di atas wilayah yang dikuasai ISIS. Mereka mengatakan nasib pilot pesawat tidak diketahui.

(G003/M016)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016