Bandung (ANTARA News) - Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Menembak 2016 yang bakal digelar 27 Mei hingga 2 Juni mendatang.

"Kejurnas ini akan menjadi salah satu ajang uji coba PON XIX/2016 sekaligus babak kualifikasi nomor berburu yang baru dimasukan menjadi nomor resmi PON," kata Ketua Harian Perbakin Jabar Agus Ruswendi di Bandung, Minggu.

Kejurnas menembak kali ini mempertandingkan nomor yang sama dengan di PON XIX/2016. Namun kemungkinan besar tidak semua nomor yang dipertandingkan di kejurnas tersebut diikuti oleh semua provinsi.

Hampir semua provinsi akan ikut laga itu, beberapa diantaranya telah mematikan diri tampil seperti Riau, Sumsel, Bali dan Kaltim.

Khusus cabang berburu yang akan di gelar di Lapangan Tembak Lanud Sulaiman Kabupaten Badung sudah ditetapkan akan diikuti oleh tujuh provinsi termasuk tuan rumah Jawa Barat.

"Jadi pada seleksi nomor Berburu tersebut, akan dicari enam provinsi lain yang berhak berlaga di PON XIX. Untuk kuotanya sebanyak 18 atlet dan akan diperebutkan oleh provinsi yang bertanding di kejurnas pada nomor berburu," kata Agus.

Ia menyebutkan, kesiapan tempat pertandingan khususnya untuk nomor target yang akan digelar di Cisangkan Cimahi, sudah siap digelar.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Perbakin Pusat, kepanitian nanti akan kolaborasi antara Perbakin Pusat dan Jabar," katanya menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016