Karawang (ANTARA News) - Bentrokan antarkelompok masyarakat yang tergabung dalam lembaga swadaya masyarakat terjadi di daerah sekitar Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu malam.

Informasi yang berhasil dihimpun dari sejumlah saksi mata, peristiwa bentrokan antara LSM Gibas Cinta Damai dengan Gibas Jaya itu dipicu permasalahan remeh, yakni pencabutan bendera salah satu LSM tersebut.

Ketika itu salah seorang warga yang diduga berasal dari anggota LSM tertentu mencabut bendera milik Gibas Jaya. Kemudian jeda beberapa saat, sekelompok masyarakat yang diduga dari anggota LSM menyerang kantor atau sekretariat LSM Gibas Jaya di wilayah Rengasdengklok.

Perusakan terjadi dalam penyerangan itu. Kantor LSM Gibas Jaya hancur akibat aksi penyerangan sekelompok masyarakat yang diduga berasal dari LSM Gibas Cinta Damai.

"Tidak ada korban jiwa dalam bentrokan ini. Tetapi menurut saksi, pelaku diduga berasal dari LSM Gibas Cinta Damai," kata seorang anggota Polsek Rengasdengklok, Aiptu Nono Haryono, di Karawang.

Ditanya tentang pemicu pasti penyebab peristiwa tersebut, ia mengaku belum mengetahui dan kini masih dilakukan penyelidikan.

Sementara setelah peristiwa itu, aparat kepolisian dari Polres Karawang diturunkan di sekitar lokasi kejadian. Itu dilakukan untuk mengantisipasi keributan atau bentrok susulan antarkelompok masyarakat.

Hingga berita ini dilaporkan, belum ada keterangan resmi dari Polres Karawang. Bahkan, Kapolres Karawang AKBP Andi M Dicky Pastika Gading tidak memberi komentar terkait peristiwa tersebut saat dihubungi Antara pada Minggu malam.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016