Firenze, Italia (ANTARA News) - Juventus menundukkan tuan rumah Fiorentina 2-1 dalam laga lanjutan pekan ke-35 Liga Italia Seri A di Stadion Artemio Franchi, Firenze, Senin pagi WIB.

Kemenangan ini membuat Juventus kini mengumpulkan 85 poin dan di ambang mempertahankan gelar juara lima musim beruntun, atau menyamai catatan rekor yang saat ini mereka pegang bersama-sama dengan Torino dan Inter Milan.

Hasil laga pesaing terdekat mereka, Napoli (73), yang baru akan menghadapi AS Roma (68), akan menentukan kepastian itu karena jika Napoli gagal meraih tiga penuh maka Juventus bisa dipastikan juara Liga Italia Seri A musim ini.

Sementara bagi Fiorentina (59) kekalahan itu membuat mereka masih menempati peringkat kelima dan harus menahan ambisi memangkas selisih poin dari zona Liga Champions atau peringkat ketiga klasemen yang masih diduduki Roma dan terpaut sembilan poin.

Ambisi memangkas selisih poin membuat tim asuhan Paulo Sousa tampil sangat dominan sepanjang laga dengan menguasai 62 persen pengendalian bola, melepaskan 21 kali percobaan tembakan yang hanya tujuh yang tepat sasaran.

Penyerang Juventus Mario Mandzukic menyarangkan bola ke gawang Fiorentina pada menit 15 namun ia sudah berada dalam posisi offside saat bersiap menyambut umpan kiriman Sami Khedira, sehingga gol dianulir.

Menit 19 giliran gol Fiorentina yang dianulir, saat Fernardo Bernardeschi menyelesaikan umpan Josip Ilicic, meski tayangan ulang memperlihatkan sayap tuan rumah itu berada dalam posisi onside.

Mandzukic akhirnya membuka keunggulan Juventus pada menit 39 saat menyelesaikan umpan kiriman Paul Pogba yang memantulkan bola umpan lambung Khedira.

Upaya Fiorentina untuk terus menggempur pertahanan Juventus membuahkan hasil pada menit 81 setelah Mauro Zarate merebut bola dari kaki Leonardo Bonucci di area pertahanan lawan dan melepaskan umpan matang yang diselesaikan sempurna oleh Nikola Kalinic demi menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kedudukan imbang tak bertahan lama setelah Alvaro Morata yang baru masuk pada menit 70 menggantikan Paulo Dybala mencetak gol untuk membawa Juventus kembali unggul pada menit 83. Morata sigap menyambar upaya sapuan Milan Badelj atas umpan yang dikirimkan Patrice Evra.

Pada ujung laga, wasit Paolo Tagliavento kembali mengeluarkan keputusan buruk saat Fiorentina memperoleh tendangan penalti setelah berpura-pura terjatuh akibat berbenturan dengan Juan Cuadrado di area terlarang.

Penjaga gawang Gianluigi Buffon menjadi pahlawan kemenangan Juventus setelah menggagalkan eksekusi Kalinic, sedangkan bola tandukan Kalinic membentur tiang gawang pada menit 90+3.

Susunan pemain kedua tim seperti dikutip laman resmi Liga Italia Seri A.

Fiorentina (4-2-3-1): Ciprian Tatarusanu (PG); Nenad Tomovic, Gonzalo Rodriguez, Davide Astori, Marcos Alonso; Milan Badelj (Facundo Roncaglia), Borja Valero; Cristian Tello (Matias Fernandez), Josip Ilicic (Mauro Zarate), Federico Bernardeschi; Nikola Kalinic
Pelatih: Paulo Sousa

Juventus (3-5-2): Gianluigi Buffon (PG); Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani; Stephan Lichsteiner, Sami Khedira, Mario Lemina, Paul Pogba (Kwadwo Asamoah), Patrice Evra; Paulo Dybala (Alvaro Morata), Mario Mandzukic
Pelatih: Max Allegri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016