Cirebon (ANTARA News) - Perjuangan Amala Masyita untuk lolos ke babak final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016 di Kudus membuahkan hasil setelah pada audisi keempat kalinya di Cirebon, Jawa Barat, Senin mampu menembus babak final.

Pada pertandingan penentuan, atlet berusia 14 tahun asal Kedungwuni Pekalongan, Jawa Tengah itu mampu mengalahkan Angelique Jenice Sentosa Chung dengan skor 21-17 dan 21-11.

"Akhirnya bisa lolos ke final di Kudus. Ini yang keempat kalinya saya ikut audisi. Saat ini tinggal fokus untuk menghadapi pertandingan final. Saya harus bisa," kata Amala Masyita seusai memastikan diri lolos ke putaran final di markas PB Djarum Kudus, 2-4 September nanti.

Amala mengaku hasil yang diraih di audisi Cirebon ini merupakan buah kerja keras. Apalagi selama mengikuti audisi harus meninggalkan pelajaran selama beberapa hari, padahal siswi SMP 1 Kedungwuni ini tetap ingin menyelaraskan antara pendidikan dan bulu tangkis.

Sebelum turun di Cirebon, atlet yang mengidolakan Susy Susanti ini mengakui mengikuti audisi di Purwokerto. Hanya saja, harus puas hingga semifinal. Melihat kesempatan di depan mata, Amala langsung mengikuti audisi di Cirebon dan akhirnya lolos. Adapun dua audisi sebelumnya dilakukan di Kudus pada 2013 dan 2014.

"Saya tidak ingin mengecewakan orang tua saya yang terus memberikan dukungan. Makanya saya harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi pertandingan di grand final nanti. Semoga meraih hasil terbaik," kata atlet langganan peringkat tiga besar di kelasnya itu.

Pebulutangkis muda yang gemar dengan mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris itu mengaku, persaingan di babak final dipastikan akan ketat karena semua pemain terbaik dari seluruh Indonesia akan bersaing mendapatkan beasiswa dari PB Djarum.

Meski demikian, Amala mengaku tidak akan gentar. Demi memenuhi target, atlet kelahiran 27 Januari 2002 akan terus berlatih bersama bapaknya, Hasanuddin, yang terus mendampinginya selama audisi. Latihannya sendiri dilakukan di sebuah klub yang ada di Pekalongan yaitu Mutiara Kedungwuni.

Ayah Amala, Hasanuddin mengaku akan terus mendukung anaknya  yang ingin menjadi atlet internasional. "Saya akan terus memberikan dukungan pada Amala. Semoga keinginannya mendapatkan beasiswa bisa tercapai," katanya.

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016 di Cirebon, Jawa Barat diikuti 483 peserta putra dan putri. Atlet terbaik yang hasil audisi ini selanjutkan akan bertandingan dipertandingan final di GOR Jati, Kudus, Jawa Tengah untuk menentukan siapa yang layak mendapatkan beasiswa.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016